alexametrics

Perry, Luhut, dan Menpar Rapat Bahas Peningkatan Devisa Sektor Wisata

18 Maret 2019, 15:39:37 WIB

JawaPos.com – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Pariwisata Arief Yahya melakukan rapat bersama di Kantor Pusat BI, Jakarta. Membahas upaya peningkatkan cadangan devisa dalam negeri melalui sektor pariwisata.  

Usai rapat, Perry mengatakan, kesepakatan peningkatan devisa di sektor pariwisata telah dilakukan sejak Agustus 2018. Dari hasil tersebut, pemerintah pusat dan daerah menindaklanjuti pengembangan yang harus dilakukan.

“Secara keseluruhan rapat koordinasi kami melihat bahwa sejumlah kesepakatan yang dilaksanakan di Yogyakarta pada 29 Agus tahun lalu, dilakukan secara baik dan dilakukan secara berkesinambungan baik oleh pemerintah, BI, pusat dan daerah,” ujarnya dalam konferensi pers di Kantor Pusat BI, Jakarta, Senin (18/3).

“Oleh karena itu rapat hari ini membahas bagaimana sejumlah langkah bersama yang perlu dilakukan untuk meningkatkan pariwisata kita dimama tahun ini target untuk wisatanya 20 juta kunjungan wisman dengan target devisa USD 17,6 miliar,” tambahnya.

Luhut mengklaim bahwa pemerintah sudah berada pada langkah yang benar. Dicerminkan dari selesai maupun berjalannya beberapa proyek infrastruktur yang bersinggungan langsung dengan tempat pariwisata.

“Kalau orang bicara baru dalam tahap perencaan. Sedangkan kita sudah lakukan langkah-langkah (konkrit). Menurut hemat saya sangat penting dan kita akan buat digitalisasi untuk turis,” tuturnya.

Lebih lanjut Luhut mengatakan, pihaknya belajar banyak dari event Annual Meeting International Monetary Fund (IMF) – World Bank (WB) di Bali, Oktober tahun lalu. Pada saat itu, jumlah kunjungan wisman diklaim mampu meningkat signifikan.

Namun sayang, klaim itu tidak sepenuhnya benar. Data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Oktober 2018 menunjukkan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) sebesar 1,29 juta orang. Jumlah wisman Oktober 2018 mengalami penurunan 5,74 persen dibanding bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pihaknya berharap inovasi dan kolaborasi pemerintah pusat, daerah dan BI akan terus mampu mendorong peningkatan kunjungan wisman ke dalam negeri.

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : Hana Adi

Copy Editor :

Perry, Luhut, dan Menpar Rapat Bahas Peningkatan Devisa Sektor Wisata