alexametrics

Bahas Perekonomian, Darmin Rapat dengan Wapres JK

18 Januari 2019, 14:42:40 WIB

JawaPos.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menggelar rapat bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Sejumlah isu terkait perekonomian dibahas dalam rapat tersebut. 

“Ya namanya wapres ya dia mendiskusikan situasi sekarang, apa masalah, apa yang harus dilakukan,” ujarnya saat ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (18/1).

Selain itu, permasalahan ekspor impor juga dibahas dalam kesempatan itu. Dikatakan Darmin, pemerintah akan mencari cara untuk bisa menekan impor agar defisit di tahun ini bisa terjaga.

Pasalnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia sepanjang 2018 mengalami defisit hingga USD 8,57 miliar. Nilai impor yang tumbuh lebih kencang dari nilai ekspor membuat neraca perdagangan Indonesia mengalami defisit untuk pertama kalinya dalam empat tahun terakhir. 

Jika dirincikan, nilai impor Indonesia 2018 tumbuh 20,15 persen menjadi USD 188,63 miliar sementara nilai eskpor hanya tumbuh 6,65 persen menjadi USD 180,06 miliar. 

Dengan kondisi itu, Darmin belum bisa membeberkan kebijakan baru apa yang akan ditempuh pemerintah. Pasalnya, keputusan itu sepenuhnya ada di sidang kabinet.

“Ya itu dikembalikan lagi ke kabinet. Ya langkah-langkah itu kita siapkan itu saja yang diteruskan,” tandansya.

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : Wilfridus Zenobius Kolo



Close Ads
Bahas Perekonomian, Darmin Rapat dengan Wapres JK