JawaPos Radar | Iklan Jitu

Merpati Airlines, Bidik Jet Rusia MC-12 Sebagai Pesawat Andalan

17 November 2018, 16:28:06 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Merpati Airlines, Bidik Jet Rusia MC-12 Sebagai Pesawat Andalan
Pesawat Jet Rusia MC-12 (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) bisa bernafas lega usai Majelis Hakim Pengadilan Niaga Surabaya mengabulkan proposal perdamaian. Itu artinya, si burung besi itu bisa terbang lagi.

Kini, sejumlah langkah terus dipersiapkan agar bisa kembali mengudara di langit Indonesia. Rencananya, MNA akan menggunakan pesawat Irkut MC-21 buatan Rusia untuk bersaing di bisnis penerbangan dalam negeri.

Seperti apa kehebatan pesawat MC-21?

Dikutip dari airlinesinform, MC-21 merupakan pesawat yang berasal dari kawasan Irkutsk, Russia. Pesawat ini memiliki 3 jenis tipe layaknya pesawat-pesawat lainnya.

Adapun 3 tipe pesawat itu yakni MC-21-200 dengan 165 kursi penumpang, MC-21-300 dengan kapasitas yang lebih besar yakni 211 penumpang dan MC-21-400 dengan kapasitas yang lebih luas lagi, yakni 250 penumpang.

MC-21 dikenal sebagai Yak-242 adalah seri yang diusulkan untuk tiga pesawat jet mid-range bermesin ganda Rusia dengan kapasitas 150-250 penumpang yang sedang dikembangkan dan diproduksi oleh Irkut Corporation dan Yakovlev Design Bureau dari grup United Aircraft Corporation (UAC).

Desain awal adalah untuk memasukkan material komposit dan penggelaran paduan logam baru, sistem onboard modern dan mesin yang baru dibangun. Pesawat MC-21 diklaim 10-15 persen lebih efisien daripada pesawat Airbus A320 dan Boeing 737 di kelas yang sama dan akan memiliki keuntungan efisiensi berat struktural, biaya operasi yang lebih rendah, dan konsumsi bahan bakar yang lebih rendah.

Irkut Corporation juga diketahui sebagai anggota United Aircraft Corporation (UAC). Perusahaan ini dikenal sebagai produsen dari pesawat Su-30 Sukhoi.

Jet Rusia diklaim memiliki kecepatan jelajah 870 kilometer per jam, sementara pesaing hanya mencapai 842 dan 828 kilometer per jam.

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up