JawaPos Radar | Iklan Jitu

Jaring Truk Obesitas, 3 Jembatan Timbang Jadi Pilot Project

17 Juli 2018, 18:40:38 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Jaring Truk Obesitas, 3 Jembatan Timbang Jadi Pilot Project
Ilustrasi truk overload. (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menerapkan aturan pelarangan angkutan overdimensi pada 1 Agustus 2018. Sebab biaya perbaikan jalan menelan biaya fantastis sebanyak Rp 43 triliun.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, skema kemenhub akan mengoperasikan tiga jembatan timbang sebagai proyek uji coba atau percontohan agar nantinya dapat memberikan performa yang baik.

"Pilot Project untuk percontohan supaya nanti (jembatan timbang) yang lain seperti itu performanya, baik SDM, sistem, teknologi informasi, pengawasan, serta sarana dan prasarananya," ujarnya di Hotel Fairmont Jakarta, Selasa (17/7).

Adapun ketiga jembatan timbang yang akan menjadi pilot project mulai 1 Agustus 2018 yaitu UPPKB Losarang, Indramayu, Jawa Barat, UPPKB Balonggandu, Karawang, Jawa Barat dan UPPKB Widang, Tuban, Jawa Timur. 

Budi menambahkan, pihakanya telah melakukan sosialisasi dengan mengumpulkan para pelaku barang, kawasan industry, Aptrindo, Organda, Karoseri sudah kami sampaikan dan bahkan kepada truk-truk yang lewat di jembatan timbang sudah kami berikan brosur.

"Kalau bentuk pelanggarannya adalah over dimensi, pelakunya adalah orang yang menyuruh apakah dia pemilik truk, ataukah dia karoseri. Tapi kalau over load, penanggungjawabnya adalah pengusahanya bukan pengemudi," tandasnya.

(mys/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up