alexametrics

Di Jakarta Meredup, Sandi Malah Tawarkan OK OCE di Tingkat Nasional

17 Maret 2019, 21:35:52 WIB

JawaPos.com – Calon Wakil Presiden (Cawapres) Sandiaga Uno mulai mengembangkan program One Kecamatan One Center Entrepreneurship (OK OCE) saat bertarung dalam Pilkada DKI 2017. Program itu pun kini dibawa ke tingkat nasional.

Di Jakarta sendiri ditargetkan bisa menciptakan 200 ribu wirausaha baru dalam jangka waktu 5 tahun, dimulai dari 2017. Artinya setiap tahunnya harus ada 40 ribu wirausaha baru. Jumlah tersebut tersebar di 44 kecamatan yang ada.

Namun, sayang perkembangan program ini tidak dapat melaju kencang di ibu kota. Terlebih usai Sandi mengundurkan diri dari jabatannya pada 10 Agustus 2018. Sandi diketahui mencalonkan diri menjadi calon wakil presiden bersama Prabowo Subianto di Pilpres 2019.

Di Jakarta Meredup, Sandi Malah Tawarkan OK OCE di Tingkat Nasional
Infografis OK OCE (Kokoh Praba/JawaPos.com)

Seiring berjalannya waktu, OK OCE mulai meredup. Contohnya salah satu toko OK OCE Mart di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan, yang gulung tikar. Padahal program ini digadang-gadang akan meningkatkan ekonomi masyarakat.

Data internal OK OCE mencatat, setelah Sandiaga memutuskan mendampingi Prabowo Subianto dalam pilpres nanti jumlah peserta OK OCE tak banyak bertambah. Hingga Minggu (17/3) malam, berdasarkan data dari https://okoce.me total anggota di seluruh Indonesia mencapai 64.458. Namun belum diketahui jumlah pasti yang ada di Jakarta.

Berdasarkan data yang dihimpun JawaPos.com, terdapat lima OK OCE Mart (satu bangkrut) dan empat Gerai OK OCE di Jakarta. Pada 2018, juga dikembangkan sembilan Gerai OK OCE lagi.

Sebelumnya, calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno memaparkan keluhan yang dirasakan masyarakat dalam kunjungannya selama masa kampanye tujuh bulan terakhir. Mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu menilai, masalah kebutuhan rumah tangga dan lapangan kerja masih menjadi momok.

Demikian disampaikan oleh Sandi dalam pembukaan debat ketiga di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3) malam.

“Di 1.500 kunjungan dalam tujuh bulan terakhir, kami mendengar keluhan dan harapan. Prabowo-Sandi melihat masa depan cerah jika kami hadirkan solusi. Masyarakat ingin lapangan kerja, harga bahan pokok terjangkau emak-emak, pendidikan, dan biaya listrik yang lebih murah,” kata Sandi.

Terkait persoalan masalah ketersediaan lapangan pekerjaan, ia menawarkan One Kecamatan One Entrepreneurship (OK OCE) yang menjadi salah satu program di Pilkada DKI Jakarta 2017.

“Saya ini dulu pengangguran, saya yakin bisa memberikan lapangan kerja, terutama OK OCE yang kami angkat ke level nasional. Kami punya industri kreatif, banyak lapangan pekerjaan yang diciptakan oleh Prabowo-Sandi,” pungkasnya.

Editor : Erna Martiyanti

Copy Editor : Fersita Felicia Facette

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Di Jakarta Meredup, Sandi Malah Tawarkan OK OCE di Tingkat Nasional