JawaPos Radar | Iklan Jitu

Tahun Baru, Pasokan Listrik di Sumut Dipastikan Aman

16 Desember 2018, 14:17:52 WIB
Pasokan Listrik
ILUSTRASI: PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sumut telah merampungkan persiapan jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2019. (Miftahul Hayat/Jawa Pos)
Share this

JawaPos.com - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sumut telah merampungkan persiapan jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2019. Mereka menyiapkan genset dan trafo yang disebar ke seluruh wilayah di Sumut.

Manajer Komunikasi PLN Sumut Rudi Artono menjelaskan, pihaknya sudah menyiagakan 152 generator set dan 49 trafo mobile. Nantinya akan disebar di delapan daerah "Kita akan sebar mulai dari Medan, Binjai, Lubukpakam, Pematangsiantar, Rantauprapat, Padangsidempuan, Sibolga, dan Nias," kata Rudi, Minggu (16/12).

Di Kota Medan pihaknya menyiapkan 26 unit genset. Lalu Binjai 30 unit, Lubukpakam 17 unit, Pematangsiantar 20 unit, Rantauprapat 9 unit, Padangsidempuan 24 unit, Sibolga 17 unit dan Nias 9 unit.

Genset yang disebar bervariasi kapasitasnya. Mulai dari 5,5 Megawatt (MW) hingga diatas 100 MW. Sedangkan kapasitas dari trafo mobile itu mulai dari 100 KAP/KVA sampai 630 KAP/KAV. "Penyebaran genset dan trafo akan difokuskan ke rumah ibadah dan tempat keramaian," ungkapnya.

PLN, lanjut dia, akan selalu menjaga keandalan listrik di Sumut. Apalagi Natal adalah hari besar keaagamaan. Jangan sampai, listrik bisa mengganggu kekhusyukan umat yang merayakannya. "Selain cadangan genset dan trafo mobile, PLN juga akan menyiapkan petugas siaga," tandasnya.

PLN Memang sedang getol memperbaiki kualitas kelistrikan di Sumut yang sempat berada pada masa defisit. Perusahaan plat merah itu berkomitmen pada 2019 mendatang listrik tidak akan padam.

Editor           : Sari Hardiyanto
Reporter      : (pra/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini