alexametrics

Neraca Perdagangan Surplus jadi Angin Segar Penguatan Rupiah Hari ini

16 September 2021, 13:01:40 WIB

JawaPos.com – Pergerakan nilai tukar mata uang Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) hari ini berpotensi menguat karena adanya angin segar dari sentimen dalam negeri. Mengutip kurs tengah Bank Indonesia (BI) hari ini posisi rupiah berada di level Rp 14.525 per dolar AS.

Analis pasar uang Ariston Tjendra mengatakan, kenaikan surplus neraca perdagangan Indonesia yang cukup tinggi dari bulan sebelumnya sekitar 83 persen memberikan angin segar untuk penguatan Rupiah hari ini. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), surplus neraca perdagangan Indonesia Agustus 2021 mencapai USD 4,74 miliar yang merupakan angka tertinggi sejak Desember 2006. Dengan perkembangan tersebut, neraca perdagangan Indonesia terus mencatat nilai positif sejak Mei 2020.

Adapun neraca perdagangan Indonesia pada Januari-Agustus 2021 secara keseluruhan mencatat surplus USD 19,17 miliar atau jauh lebih tinggi dibandingkan dengan capaian pada periode yang sama tahun 2020 sebesar USD 10,96 miliar.

“Hari ini rupiah berpotensi menguat ke arah 14.220 dengan potensi pelemahan di kisaran 14.260,” ujarnya saat dihubungi oleh JawaPos.com, Kamis (16/9).

Di sisi lain, Ariston melanjutkan, terkait wacana tapering pada akhir tahun masih menjadi ganjalan untuk penguatan nilai tukar lain terhadap dolar AS termasuk Rupiah. Hal itu menahan laju pergerakan Rupiah sehingga penguatannya pun cukup terbatas.

“Belum ada hasil data ekonomi AS yang benar-benar menghilangkan kemungkinan pelaksanaan tapering psda akhir tahun. Data inflasi AS masih meninggi, dan data tenaga kerja AS masih ditunggu perkembangannya,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri




Close Ads