alexametrics

Sadar Covid-19 akan Terus Ada, ini Pesan Sri Mulyani

16 September 2020, 17:52:24 WIB

JawaPos.com – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memberikan wejangan kepada pada Pegawai Negeri Sipil (PNS) agar dapat terus bekerja dengan pengabdian kenegaraan. Apalagi, dalam kondisi saat ini dibutuhkan kerja keras dan kerja sama yang tinggi dari seluruh abdi negara.

Memang, kata Sri Mulyani, saat ini vaksin Covid-19 terus dikembangkan. Namun, adaptasi dalam menghadapi krisis akibat pandemi juga perlu diasah dan ditingkatkan oleh semua pihak.

“Covid-19 masih akan terus bersama kita. Meskipun kita nanti bicara tentang vaksin, kita mau bicara tentang menanganinya,” ujarnya dalam acara Ikatan Widyaiswara Indonesia Kementan’s Personal Meeting Room, Rabu (16/9).

Menurut Sri Mulyani, penanganan dan respons terhadap dampak pandemi Covid-19 saat ini akan menjadi pelajaran berharga di kemudian hari. Misalnya untuk mengakselerasi reformasi berbagai bidang, mulai dari kesehatan, pendidikan, hingga perlindungan sosial.

“Sehingga waktu kita melakukan bantuan sosial, apakah targetnya tepat?” imbuhnya.

Sri Mulyani menambahkan, jika pemerintah terlena dan tidak segera melakukan berbagai perbaikan dan reformasi secara masif, maka akibatnya akan fatal. Dia mencontohkan Argentina yang dirundung krisis tak berkesudahan, karena pemerintahnya salah langkah.

“Saya melihat negara-negara seperti itu mereka dari krisis tidak bisa lewat dari krisis, terus makin tenggelam, makin tenggelam, makin dalam,” ucapnya.

Sri Mulyani berharap Indonesia dapat mengikuti jejak negara-negara yang mampu menang menghadapi krisis, bahkan jadi lebih kuat lagi. “Jangan sampai krisis ini mematahkan kita, tapi justru karena krisis Indonesia bisa mendorong dan melaksanakan reformasi secara lebih kuat,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri



Close Ads