alexametrics

IHSG Mulai Pulih, Airlangga Hartarto Klaim karena Pemerintah Serius

16 September 2020, 10:47:12 WIB

JawaPos.com – Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, tren indeks harga saham gabungan (IHSG) berangsur membaik. Dia menyebut hal itu sebagai dampak penanganan serius pemerintah terhadap pandemi.

“Kemarin memang ada hiccup sedikit, tapi hiccup ini sudah ter-cover kembali. Jumat lalu adalah trading terbesar sepanjang sejarang, trade-nya positif karena merespons kebijakan pemerintah menangani pandemi Covid-19,” ujarnya di Jakarta kemarin. Dia melanjutkan, pasar modal Indonesia bahkan sudah rebound di atas negara-negara lain. ’’Indonesia (IHSG) sudah kembali ke jalur 5.000,” imbuhnya.

Terpisah, Direktur Eksekutif Indef Tauhid Ahmad menilai pergerakan IHSG bersifat fluktuatif dan sensitif pada berbagai isu. Termasuk saat ada kabar travel warning dari negara-negara lain bagi wisatawan dari Indonesia. Tauhid yakin pasar saham akan berangsur stabil kembali.

Baca juga: Imbas PSBB Jakarta, IHSG Terjun Bebas-Rupiah Melemah

’’Wajar kalau 1-2 hari (IHSG) merah. Nanti kembali lagi. Apa pun akan direspons IHSG, jadi wajar saja. Nanti juga go back lagi karena pasar IHSG satu atau dua hari bukan cerminan nasional untuk jeda waktu yang lebih lama,” jelasnya.

Analis pasar modal Hans Kwee mengatakan, peningkatan IHSG merespons pengumuman Pemprov DKI Jakarta bahwa PSBB diterapkan agak longgar. Indikasinya, tempat aktivitas ekonomi tetap buka. Meski, kapasitasnya dibatasi. ’’Pasar (saham) menganggap PSBB tidak seburuk yang diperkirakan, seperti Maret,’’ terang Hans melalui sambungan telepon. Perkantoran juga tetap beroperasi. Dengan begitu, pelaku pasar menilai kondisi PSBB DKI Jakarta saat ini tidak berbeda dengan masa transisi.

Baca juga: Dibayangi Sentimen Global, IHSG Masih Berpeluang Melemah Hari Ini

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Ilham Safutra

Reporter : tau/byu/dee/han/wan/lum/c9/c7/c6/oni




Close Ads