alexametrics

Kadin Gandeng Pemda Tingkatkan Potensi Industri Garam dan Pariwisata

16 Agustus 2021, 12:48:05 WIB

JawaPos.com – Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Perdagangan Dian Prasetio dan Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Perbankan dan Keuangan Junaidi Hisom, menggandeng Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona Kaligis, untuk meningkatkan potensi alam Pulau Legundi, Lampung.

Dian Prasetio mengatakan, sinergi tersebut bertujuan untuk saling mendukung dalam program peningkatan potensi alam di Pulau Legundi. Di antaranya, produksi garam industri dengan kualitas tinggi, serta membuka peluang pariwisata kemaritiman yang baru.

“Rencana kerjasama tambak garam industri di Pulau Legundi, Koperasi Tegarindo, yang diketuai oleh Firman Jaya dan Intan Laut ini, siapa sangka, Koperasi Tegarindo dapat menghasilkan garam kualitas industri, yang dapat memenuhi kualitas garam farmasi dengan skala konsentrasi NaCl rata – rata minimal 99,8 persen,” ujarnya dalam keterangannya, Senin (16/8).

Harapannya, kerjasama antara Kadin Indonesia dengan Koperasi Tegarindo dapat memenuhi kebutuhan garam industri dimana kebutuhan garam dari sektor Industri memiliki kontribusi 80 persen dari total kebutuhan garam nasional.

Menurutnya, kualitas dan kuantitas garam yang diproduksi oleh Koperasi Tegarindo, yang dinaungi oleh Kadin Indonesia, sebagai salah satu program UMKM naik kelas, akan terus dibina dan ditingkatkan skala produksinya agar dapat memenuhi kebutuhan garam industri di dalam negeri.

“Artinya, keran impor garam industri dapat dibatasi oleh pemerintah dalam mendukung naik kelasnya UMKM pada petani garam karena kemampuan Indonesia ternyata dapat memenuhi permintaan kualitas garam industri nasional,” tuturnya.

Ia menjelaskan, Koperasi Tegarindo di Legundi ini akan membuka peluang bagi seluruh petani garam nasional, dan membuktikan bahwa petani garam Indonesia dapat menghasilkan garam dengan kualitas industri, yang selalu menjadi celah dibukanya impor garam dikala petani garam terpuruk.

Selain itu, lanjutnya, multiplier effect yang dihasilkan oleh industri garam dapat memberikan dampak penyerapan tenaga kerja secara berlipat, yang akan meningkatkan ekonomi nasional secara menyeluruh dan merata.

Disisi lain, dalam bidang pariwisata, Pulau Legundi merupakan pulau yang memiliki keanekaragaman hayati yang terdapat pada perairan di Pulau Legundi. Sebagai Pulau yang masih dirawat dengan baik oleh Bupati Pesawaran, wisatawan akan dapat melihat indahnya terumbu karang, bintang laut, serta berbagai macam jenis biota laut yang sangat kaya.

“Kadin Indonesia, dengan program UMKM Naik Kelas, hadir sebagai mitra utama para petani garam dalam meningkatkan produksi dan kualitas garam nasional, serta mendukung petani garam nasional dikala impor garam menurunkan ekonomi masyarakat bawah,” ucapnya.

Ia menambahkan, kerjasama ini dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam membangkitkan semangat para pengusaha Indonesia di tengah pandemi Covid 19 ini. “Dengan kerjasama Kadin Indonesia dengan pemerintah Kabupaten Pasewaran, akan dapat meningkatkan pendapatan daerah serta dapat membantu masyarakat untuk menaikkan kesejahteraan dan tingkat ekonomi wilayah,” pungkasnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini: