alexametrics

Di Depan Jokowi-JK, Zulhas Sampaikan Tiga Tantangan Perekonomian RI

16 Agustus 2018, 11:40:16 WIB

JawaPos.com – Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) menyebut, terdapat tiga tantangan perekonomian nasional tahun ini. Tantangan tersebut dinilai perlu diselesaikan dengan melakukan terobosan kebijakan dari pemerintah.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua MPR Zulkifli Hasan dalam Sidang Bersama DPR, MPR, dan DPD RI, di Kompleks DPR, Jakarta, Kamis (16/8).

“Pertama, adalah masalah kesenjangan ekonomi. Kami mensyukuri penurunan gini ratio yang dicapai oleh pemerintah dari sekitar 0,41 menjadi 0,39 saat ini. Ini terjadi akibat turunnya pendapatan masyarakat kelas atas ketimbang naiknya pendapatan masyarakat kelas bawah,” ujarnya.

Kedua, lanjut politikus PAN itu, adalah masalah stabilitas ekonomi dan defisit transaksi berjalan Indonesia. Menurutnya, ketidakstabilan terjadi lantaran tekanan perekonomian global terus menguat, sehingga memengaruhi nilai tukar rupiah yang kian tak perkasa.

“Oleh karena itu, pemberdayaan ekonomi kecil dan mikro perlu terus dikembangkan, di antaranya melalui fasilitas kredit, fasilitas produksi dan pasar, termasuk bantuan pemasaran dan teknologi agar mereka tumbuh dan berkembang. Kesempatan berusaha dari kebijakan perluasan pembangunan infrastruktur harus didistribusikan secara luas ke daerah melalui usaha swasta besar, menengah, dan kecil, tidak hanya dimonopoli oleh BUMN. Ini pesan daerah-daerah,” tuturnya.

Terakhir, Zulkifli meminta pemerintah agar dapat menjaga keuangan negara dengan baik. Di sisi lain, dirinya menekankan agar pengelolaan utang juga dilakukan dengan hati-hati.

“Negara harus menjaga stabilitas ekonomi dan mencegah krisis sejak dini. Ini merupakan titik lemah yang harus kita selesaikan agar ketahanan ekonomi jadi kuat,” tutupnya.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (ce1/hap/JPC)


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Di Depan Jokowi-JK, Zulhas Sampaikan Tiga Tantangan Perekonomian RI