JawaPos Radar

Sempat Tertunda, Perizinan Satu Pintu Akan Diluncurkan Usai Lebaran

16/06/2018, 18:30 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Sempat Tertunda, Perizinan Satu Pintu Akan Diluncurkan Usai Lebaran
Menko Perekonomian Darmin Nasution (Miftahul Hayat/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution menyebut sistem One Single Submission (OSS) akan segera diluncurkan usai Lebaran. Perihal waktunya, dirinya menyerahkannya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Dengan situasi yang lebih longgar jadi Lebaran tahun ini sibuk. Saya akan berusaha supaya satu OSS bisa kita lakukan setelah lebaran. Tergantung presiden kapan lah," kata Darmin di Rumah Dinasnya, Jl. Widya Chandra, Jakarta, Sabtu (16/6).

Perlu diketahui, OSS merupakan sistem yang mengatur seluruh perizinan mulai dari tingkat pusat hingga ke daerah menjadi satu kesatuan dan saling mendukung.

Sebelumnya, peluncuran sistem ini sempat mengalami penundaan lantaran ada beberapa hal teknis yang perlu diperbaiki.

Meski belum diluncurkan, Darmin mengklaim sudah banyak investor besar yang menyatakan minatnya. Diharapkan, kehadiran OSS akan semakin banyak menarik penanam modal lainnya.

"Dengan yang mau daftar investor yang besar-besar banyak," tuturnya.

Selain itu, Darmin juga menyinggung soal kestabilan nilai tukar saat periode lebaran ini. Meski sempat berfluktuasi, namun Rupiah saat ini tidak melemah terhadap Dolar Amerika Serikat.

"Kemudian kita juga akan mulai masih mengikuti dengan baik bahwa kurs sempat gonjang ganjing, tapi sekarang sudah lebih tenang. Ke depan ini yang perlu dilakukan adalah bagaimana menjaga defisit neraca perdagangan," tandasnya.

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up