alexametrics

Jurus Erick Thohir Siapkan Lebih Banyak Startup Unicorn dan Decacorn

15 Desember 2021, 14:02:00 WIB

JawaPos.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, untuk menciptakan sistem ekonomi digital yang kuat, pihaknya telah mempersiapkan sistem pendanaan untuk perusahaan startup di Indonesia Merah Putih Fund yang akan dirilis pada 17 Desember 2021. Sistem pendanaan ini akan berfokus untuk dipersiapkan menjadi startup berskala Unicorn. Adapun, arti Unicorn sendiri adalah perusahaan startup yang memiliki nilai valuasi sebesar USD 1 miliar.

“Kita buat Merah Putih Fund yang akan fokus pada sunicorn, calon Unicorn,” ungkap Erick dalam acara peresmian Gerakan Akselerasi Generasi Digital, Rabu (15/12).

Erick juga mengharapkan agar semua perusahaan swasta dapat bergabung ke sistem pendanaan ini untuk bisa mendorong perusahaan rintisan lokal menjadi besar. Selain mendorong pembentukan Unicorn, pihaknya juga mengakselerasi terciptanya perusahaan Decacorn.

“Kita juga sudah mengajak Sovereign Wealth Fund (SWF) Indonesia, yaitu INA (Indonesia Investment Authority) untuk masuk (menciptakan) yang lebih besar, untuk Unicorn menuju Decacorn,” tutur dia.

Hal ini yang diharapkan dapat memperkuat ekosistem teknologi di Tanah Air, khususnya dalam bidang ekonomi digital. Selain dipersiapkan sistemnya, talentanya pun juga disiapkan melalui Indonesia Digital Tribe (IDT) sebagai penggerak kemajuan digitalisasi dalam negeri.

“Ini adalah ekosistem yang kita harapkan, kita jadi memiliki kekuatan sendiri. Teknologi tidak bisa terelakkan, dunia baru akan kita hadapi, karena itu kita perlu superhero baru, mudah-mudahan superhero yang kita dorong ini bisa menjaga ekosistem (digital) Indonesia,” tandasnya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini: