JawaPos Radar | Iklan Jitu

Tol Balikpapan-Samarinda Pangkas Perjalanan Jadi 1 Jam

Beroperasi April 2019

15 Desember 2018, 12:44:10 WIB
Tol Balikpapan-Samarinda Pangkas Perjalanan Jadi 1 Jam
Ikon Suku Dayak yang dipasang di Jembatan Penghubung Tol Balikpapan - Samarinda (Hana Adi Perdana / JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Tol Balikpapan-Samarinda diproyeksikan akan beroperasi pada April 2019 mendatang. Saat ini, tol tersebut masih terus dikebut pembangunannya.

Berdasarkan pantauan JawaPos.com di lapangan, sejumlah alat berat terlihat sibuk melakukan penggarapan konstruksi di seksi I dan V. 

Proyek yang terbagi dalam lima seksi dan satu sub seksi itu belum sepenuhnya sudah terhubung. Masih ada beberapa jalan yang berupa tanah basah dan menunggu giliran untuk dikerjakan.

Tol Balikpapan-Samarinda Pangkas Perjalanan Jadi 1 Jam
Konstruksi Tol Balikpapan - Samarinda Seksi I (Hana Adi Perdana / JawaPos.com)

Kemudian, pemandangan dari di sepanjang jalan tol masih berupa rawa dan hutan-hutan. Selanjutnya lambang kebanggaan suku dayak juga terpampang di tengah-tengah jembatan penghubung Tol Balikpapan-Samarinda.

Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso mengatakan, beroperasionalnya Tol Balikpapan-Samarinda akan memangkas jarak dari Balikpapan menuju Samarinda menjadi satu jam.

"Dari pengerjaan 99 km ini bisa membantu betul yang selama ini lewat jalan normal sepanjang 135 km itu bisa 3,5 jam (waktu tempuhnya)," ujarnya saat meninjau Tol Balikpapan-Samarinda di Balikpapan, Jumat (14/12).

Ia berharap, proyek ini akan rampung sesuai tepat waktu. Harapannya, masyarakat maupun pengusaha mendapatkan efisiensi.

"Dengan kehadiran ini, biaya logistik bisa jadi murah karena tidak perlu jauh-jauh melintas, masyarakat juga lebih efisien karena cepat sampai," tandasnya.

Editor           : Teguh Jiwa Brata
Reporter      : (hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini