alexametrics

Irigasi Jadi Faktor Pendongkrak Produktivitas Pertanian Lampung

15 September 2021, 09:48:10 WIB

JawaPos.com – Tak dapat dipungkiri, dalam sektor pertanian keberadaan air merupakan faktor penentu yang amat penting bagi tumbuh kembang budidaya pertanian. Salah satunya sebagaimana terpantau di Kabupaten Pringsewu dan Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung.

Dengan saluran irigasi yang baik, produktivitas pertanian di provinsi berjuluk Sang Bumi Ruwa Jurai itu melonjak drastis. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menerangkan, air merupakan faktor penting dalam pengembangan budidaya pertanian. Tanpa air, Mentan meyakini pertanian tak dapat berkembang dengan maksimal.

“Dalam memenuhi kebutuhan air untuk tanaman yang diperoleh dari air hujan, sistem irigasi atau dengan sumber air permukaan menjadi solusi,” kata Mentan SYL.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Ali Jamil menambahkan, irigasi merupakan program strategis dalam konteks pengairan lahan. Irigasi pengairan pertanian harus berjalan baik, karena pertanian tak boleh terganggu oleh faktor apapun.

“Keberadaan irigasi pertanian membuat petani tak khawatir meski memasuki musim kemarau. Sebab, irigasi akan memasok air, sehingga produktivitas pertanian tetap terjaga,” ujarnya.

Selain penting bagi keberlanjutan sektor pertanian, Ali menilai keberadaan air mampu meningkatkan Indeks Pertanaman (IP) petani. Keberadaan irigasi juga menjadi faktor penting bagi petani untuk meningkatkan produktivitasnya. “Ada tiga aspek dari keberadaan irigasi pertanian ini yaitu produktivitas, peningkatan Indeks Pertanaman (IP) pertanian dan meningkatnya kesejahteraan petani,” ujar Ali.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : ARM

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads