alexametrics

Arus Mudik Lebaran Tidak Macet Parah, Luhut: Ini Hasil Kerja Jokowi

15 Juni 2018, 16:48:30 WIB

JawaPos.com – Periode arus mudik Lebaran 2018 telah berakhir. Selama masa tersebut, tidak terjadi kemacetan yang cukup signifikan di sejumlah ruas tol. Beberapa pihak mengklaim salah satu faktor pendukungnya adalah karena libur lebaran yang panjang.

Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menilai bahwa capaian tersebut merupakan hasil kerja keras Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta kabinet kerjanya. Menurutnya, sampai saat ini belum ditemukan masalah berarti soal kemacetan di jalan tol.

“Bagus. Hampir tidak ada hal serius. Ini suatu cerita tentang hasil yang telah dikerjakan pak Jokowi selama 3 tahun. Saya monitor terus dari traffic. Hampir tidak ada yang bermasalah,” ujarnya saat ditemui di rumah dinas Gubernur Bank Indonesia (BI), Jakarta, Jumat (15/6).

Mudik Lebaran
Ilustrasi: arus mudik Lebaran 2018 tak ada masalah yang berarti. (dok.JawaPos.com)

Pada 2016, kemacetan parah sempat terjadi di pintu keluar Brebes. Kejadian itu kemudian menimbulkan polemik lantaran terjadi berbagai masalah di jalur tol seperti ada pemudik yang meninggal sampai harga BBM dijual Rp 50 ribu per liter. Hal itu kemudian memunculkan istilah Brebes Exit (Brexit).

Kendati arus mudik tidak terjadi kemacetan parah, diharapkan pada arus balik nanti sejumlah ruas tidak terjadi penumpukan.

“Nanti kita lihat pulangnya. Kalau boleh kita hidup berburuk sangka. Jadi kita harus apresiasi. Dua hari sebelumnya peak mudik balik,” tandasnya.

Editor : Novianti Setuningsih

Reporter : (hap/JPC)

Arus Mudik Lebaran Tidak Macet Parah, Luhut: Ini Hasil Kerja Jokowi