JawaPos Radar

Harga Bawang Merah Terbang Tinggi

15/04/2018, 17:44 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Pedagang Bawang Merah
Seorang pedagang tengah menjajakan bawang merah di sebuah pasar tradisional (dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Sejumlah harga komoditas sayuran khususnya bawang merah di pasaran tradisional wilayah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur mengalami kenaikan cukup tajam. Lonjakan harga tersebut bahkan mencapai 70 persen dalam satu pekan terakhir.

Sebelumnya pedagang hanya menjual bawang merah tersebut dengan harga Rp 20 ribu per kilogram, kini sudah menembus harga Rp 35 ribu per kilogram. Kendati demikian, harga bawang putih masih stabil pada kisaran Rp 25 ribu per kilogram.

Kenaikan harga bawang merah diduga adanya sejumlah faktor. Menurut pedagang naiknya harga merah lantaran harga di tingkat produsen naik. "Kami pedagang hanya menyesuaikan harga. Kalau harga di tingkat petani naik, otomatis di tingkat pengecer ikut naik dan sebaliknya," kata Helmi, 41, seorang pedagang bawang di Pasar Kota Bojonegoro.

Kendati, harga merangkak naik ketersediaan komoditas tersebut masih cukup banyak di pasaran. "Kalau stok bawang di pasar cukup memadai, tetapi harganya merambat naik," tambahnya.

Hal senada juga disampaikan pedagang sembako lainnya, Martun, 43. "Karena harga di tingkat petani naik, maka pedagang ikut pula menaikan harga agar tidak merugi," tuturnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perdagangan Agus Hariyana juga membenarkan harga bawang merah di pasaran naik. Menurutnya, kenaikan salah satu komoditas tersebut masih wajar, sebab harga di tingkat petani juga naik.

"Karena para petani lokal belum semua melakukan panen, sehingga pasokan dari petani berkurang. Itu yang menyebabkan harga bawang merah naik," jelas Agus.

Selain kenaikannya masih wajar, stok bawang merah di pasar cukup memadai. "Sementara ini, stok masih aman, kalau harga naik dan stok kurang dipastikan harga terus bergerak naik. Nanti kita juga akan langsung cek di pasaran," terang dia.

(yud/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up