alexametrics

Sejak 2017, Pemerintah Sudah Kucurkan Rp 7 Triliun Untuk UMi

15 Maret 2019, 19:10:25 WIB

JawaPos.com – Pemerintah berkomitmen membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat kecil melalui pemberian pembiayaan kredit ultra mikro (UMi).

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, pada 2018 pemerintah telah mengucurkan anggaran sebesar Rp 7 triliun. Sebanyak Rp 2 triliun telah tersalurkan ke 846 ribu penerima.

“Ini bergulir artinya kalau ada yang minjam 6 bulan, 10 bulan, 18 bulan, maka uangnya bergulir lagi,” ujarnya di Serang, Banten, Jumat (15/3).

Menurut dia, UMi bisa menjadi solusi tepat bagi masyarakat yang ingin berwirausaha bermodal kecil. Pinjaman ini tidak menyulitkan. Bahkan bunga bunga yang dikenakan juga lebih rendah dibanding Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Suku bunga rendah, karena dari pemerintah itu memberikan kepada Pegadaian, Bahana, itu tidak dengan suku bunga, mereka butuh ongkos untuk adminsitrasi. Bunga dikenakan 2 persen dari pemeritnah, ke masyarakat di sini 6 persen, lebih kecil dari KUR,” jelas dia.

Penyaluran UMi akan terus di evaluasi. Hal itu dilakukan agar penyalurannya bisa menjangkau ke seluruh lapisan masyarakat dan efektif.

“Kami harapkan PNM, Pegadaian dan Bahana dalam melakukan penyaluran akan mendudukkan atau memberikan dukungan bagi terbentuknya koperasi atau koperasi yang sudah ada tapi kapasitasnya belum sampai ke tahap baik atau lemah, diberlakukan technical assistance sehingga bisa salurkan lebih cepat dan efektif,” tandasnya.

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : Hana Adi

Sejak 2017, Pemerintah Sudah Kucurkan Rp 7 Triliun Untuk UMi