alexametrics

Pengguna Dompet Digital Semakin Banyak di Indonesia

15 Januari 2020, 17:10:16 WIB

JawaPos.com – Hasil riset Ipsos Indonesia mengungkapkan, masyarakat Indonesia yang menggunakan alat pembayaran digital semakin berkembang. Dari total responden, sebanyak 25 persen mengaku senang dengan pengalaman pembayaran lewat digital.

Managing Director Ipsos Indonesia Soeprapto Tan menambahkan bahwa hasil riset juga menyebut sebanyak 21 persen konsumen hanya menggunakan satu jenis dompet digital, 28 persen konsumen menggunakan dua jenis dompet digital, dan 47 persen lainnya menggunakan tiga atau lebih dompet digital.

“Dompet digital yang paling digunakan adalah OVO dan Gopay,” kata Soeprapto di Hotel Pullman Jakarta Barat, Rabu (15/1).

Soeprapto menjelaskan, berdasarkan data dari Bank Indonesia (BI) sepanjang 2019 saja telah terjadi 4,7 juta jumlah transaksi non tunai atau cassless, dan 128 triliun volume transaksi cashless di Indonesia. Artinya, transformasi pembayaran digital sudah berkembang sangat pesat di Indonesia.

Selain pembayaran secara digital, lanjutnya, pola kebiasaan masyarakat dalam menggunakan kartu non tunai pun sering digunakan dalam bertransaksi seperti e-money dan Flazz.

“Sebanyak 47 persen konsumen hanya memiliki satu kartu, 30 persen memiliki dua kartu, dan 23 persen konsumen sisanya memiliki tiga atau Iebih kartu non tunai tersebut,” tuturnya.

Menurutnya, penggunaan non tunai ini juga dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan berbagai transaksi keuangan di banyak kesempatan pembayaran dan transaksi yang mereka lakukan sehari-hari. “Seperti misalnya berbelanja online, membayar tagihan listrik, membayar makanan di restoran, membayar penggunaan alat transportasi, menonton bioskop, dan berbagai Iayanan perbankan digital,” ujarnya.

Diketahui, survei yang digelar Ipsos Indonesia ini dilakukan ke 1.000 responden yang bermukim di pulau Jawa (66 persen), Sumatra (21 persen), Kalimantan (6 persen), Sulawesi (4 persen), Bali (4 persen) dan Nusa Tenggara (1 persen).

Studi The Next Cashless Society ini memfokuskan diri pada penelitian kebiasaan masyarakat, baik milenial dan non milenial dalam menggunakan pembayaran non tunai. Studi ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online kepada responden online panel dari Ipsos yang dilakukan pada bulan Desember 2019 di seluruh Indonesia.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Romys Binekasri


Close Ads