JawaPos Radar | Iklan Jitu

Menteri Bambang Ingin Produk Olahan Perikanan Indonesia Mendunia

14 November 2018, 14:13:20 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Menteri Bambang Ingin Produk Olahan Perikanan Indonesia Mendunia
Ilustrasi (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Sebagai salah satu negara kepulauan, kekayaan laut Indonesia tidak bisa dipungkiri. Sayangnya, potensi besar itu tidak bisa dioptimalkan untuk bersaing di tingkat dunia.

Hal itu yang dirasakan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Kepala Bappenas) Bambang Brodjonegoro. Menurut dia, potensi itu terkait dengan produk olahan perikanan dalam negeri yang masih belum bisa bersaing di tingkat global.

Selama ini, kopi, biskuit, dan beberapa produk-produk Indonesia sudah menjadi salah satu yang dikenal dunia. Masyarakat asing, begitu mudah mengingat Indonesia sebagai salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia. Hal itulah yang diharapkannya juga bisa terjadi pada produk olahan perikanan dalam negeri.

"Kalau bisa brandnya kuat, jadi orang luar (asing-red) ketika makan mereka ingat 'oh kalau makan seafood kalengan itu pasti dari Made in Indonesia', Seperti Coca-Cola saja saat ini bahwa itu produk Amerika Serikat," ujarnya di Kementerian PPN, Jakarta, Rabu (14/11).

Di sisi lain, mantan Menteri Keuangan itu juga mengaku bingung dengan keunggulan ekspor Indonesia yang pernah mendunia untuk saat ini. Padahal, pada era 90-an Indonesia pernah menjadi eksportir Udang dan Tuna kelas dunia.

"Saya ingat 90an Indonesia adalah negara eksportir besar udang di dunia. Tapi somehow itu hilang. Artinya daya saing di udang turun. Padahal kalau mendominasi, ekspor naik. Kalau naik bisa mengurangi CAD," pungkasnya.

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up