alexametrics

Perintahnya Sudah 7 Tahun Lalu, Jokowi ‘Happy’ Akhirnya Pelindo Merger

14 Oktober 2021, 16:16:12 WIB

JawaPos.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan penggabungan PT Pelindo I, II, III, dan IV. Keempat perusahaan pelat merah tersebut itu dimerger menjadi PT Pelabuhan Indonesia (Persero). Jokowi mengaku, penggabungan ini telah dinantikan sejak lama dan diperintahkan pada Menteri BUMN sebelumnya.

“Tujuh tahun yang lalu sudah saya perintahkan saat itu ke Menteri BUMN, ke seluruh Direktur Utama Pelindo I, Pelindo II, Pelindo III, Pelindo IV untuk segera mengholdingkan Pelindo ini,” ujarnya dalam akun YouTube Sektetariat Presiden, Kamis (14/10).

Jokowi berharap, meger ini dapat menekan biaya logistik, sehingga dapat lebih terjangkau. Sehingga, sektor logistik RI dapat memiliki daya saing.

Selanjutnya, Jokowi meminta agar Pelindo dapat mencari kerja sama bisnis yang memiliki jaringan luas, sehingga akan mempermudah koneksi ekspor dan masuk kedalam rantai pasok global.

“Golnya ke sana. Sekali lagi saya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh BUMN, oleh Menteri BUMN dan jajarannya ini adalah nanti akan menjadi sebuah kekuatan besar,” jelasnya.

Selain itu, Jokowi juga ingin PT Pelindo dapat menjadi operator terminal peti kemas terbesar ke-8 di dunia. Ia tidak ingin perudahaan pelat merah berukuran kecil sehingga hasil yang diperoleh juga tidak maksimal.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads