alexametrics

Merger, Pelindo Diminta Jajaki Kerja Sama Rantai Pasok Global

14 Oktober 2021, 16:36:52 WIB

JawaPos.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengaku, biaya logistik Indonesia masih mahal dibandingkan dengan negara tetangga. Sehingga, daya saing Indonesia lebih rendah diantara negara-negara lain di kawasan.

“Mereka biaya logistiknya hanya 12 persen kurang lebih, kita masih 23 persen,” ujarnya dalam akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (14/10).

Jokowi mengatakan, penyebab mahalnya biaya logistik di Indonesia karena sistem logistik nasional yang tidak efisien. Atas dasar itu, pemerintah terus membangun infrastrukur baik jalan, pelabuhan, dan bandara.

“Karena kita ingin produk-produk kita, barang-barang kita bisa bersaing kalau kita adu kompetisi dengan produk-produk negara lain,” ungkapnya.

Di sisi lain, dengan diresmikannya penggabungan PT Pelindo, Jokowi berharap dapat mendukung sektor logistik nasional,sehingga biaya logistik dapat lebih terjangkau. Selanjutnya, Jokowi meminta agar Pelindo dapat menjajaki kerja sama bisnis yang memiliki jaringan luas sehingga akan mempermudah koneksi ekspor dan masuk ke dalam rantai pasok global.

“Golnya ke sana. Sekali lagi saya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh BUMN, oleh Menteri BUMN dan jajarannya ini adalah nanti akan menjadi sebuah kekuatan besar,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads