alexametrics

Bertemu Yellen, Ani Bahas Pendanaan Kesehatan hingga Perubahan Iklim

14 Oktober 2021, 12:30:50 WIB

JawaPos.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Keuangan Amerika Serikat Janet Yellen di Washington DC. Dalam pertemuannya dengan Yellen, perempuan yang akrab disapa Ani itu membahas topik-topik penting G20. Salah satunya terkait Indonesia yang akan memimpin G20 tahun depan.

“Di sela pertemuan G20 Menteri Keuangan dan Bank Sentral di Washington DC, saya melakukan pertemuan bilateral dengan Menkeu Amerika Serikat Treasury Secretary Janet Yellen di kantor beliau,” kataAni dalam akun Instagramnya, Kamis (14/10).

Ani menuturkan, Yellen merupakan menteri keuangan perempuan pertama kali dalam sejarah 245 tahun Amerika Serikat. Dalam pertemuan tersebut, mereka membahas terkait dukungan pendanaan kesehatan untuk mencegah bencana pandemi kedepan.

“Menyangkut kemampuan deteksi dini dan riset kesehatan secara global, kapasitas sistem kesehatan di setiap negara, tata kelola serta protokol dan pengaturan kelembagaan termasuk perkuatan peran WHO, lembaga multilateral dan G20,” jelasnya.

Selain itu, kedua bendahara negara tersebut juga membahas kesepakatan historis global mengenai perpajakan termasuk penerapan minimum taxation. “Termasuk upaya mencegah erosi basis pajak, penghindaran pajak dan kompetisi tarif pajak yang rendah atau race to the bottom,” imbuhnya.

Kemudian, keduanya juga membahas kerangka keuangan berkelanjutan dan pendanaan agenda perubahan iklim. Terutama pelaksanaan komitmen negara maju pada Paris Agreement dalam penyediaan pendanaan bagi negara-negara berkembang untuk menjalankan agenda perubahan iklim.

Editor : Estu Suryowati

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads