alexametrics

Menkeu Revisi Lagi Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi 2020, jadi -1,1 Persen

14 Agustus 2020, 20:43:13 WIB

JawaPos.com – Pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kembali merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi tahun ini menjadi di kisaran negatif 1,1 persen. Hal itu dikarenakan ekonomi RI masih tertekan oleh wabah Covid-19.

Menurut Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, pergeseran tersebut terjadi karena ekonomi pada kuartal-II terkontraksi sangat dalam, yaitu negatif 5,32 persen. Sri Mulyani memperkirakan, konsumsi rumah tangga sepanjang tahun akan bergerak minus di level -1,3 persen hingga 0 persen.

“Bergeser ke arah negatif atau mendekati 0 karena tekanan kuartal-II sangat dalam,” ujarnya saat konferensi virtual pada Jumat (14/8).

Padahal, sebelumnya Sri Mulyani memperkirakan pertumbuhan ekonomi 2020 berada di level -0,4 persen hingga 2,3 persen.

Selain itu, lanjutnya, revisi pertumbuhan ekonomi juga didorong karena anjloknya kinerja ekspor yang diproyeksikan terkontraksi 4,4 persen hingga 5,6 persen. Sementara impor diproyeksikan turun8,4 persen hingga 10,5 persen.

Sementara itu, lanjut Sri Mulyani, pertumbuhan ekonomi pada 2021 diproyeksikan tumbuh 5,5 persen. Meskipun demikian, proyeksi ini masih sangat bergantung pada penanganan Covid-19 tahun ini.

“Diperkirakan pulih masih akan bergantung pada penanganan serta penemuan dan ketersediaan vaksin,” tuturnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri




Close Ads