alexametrics

Pendaftaran Gelombang ke-4 Program Kartu Prakerja Dibuka Akhir Juli

14 Juli 2020, 13:30:07 WIB

JawaPos.com – Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyampaikan gelombang ke-4 program Kartu Prakerja akan dibuka pada akhir bulan ini. Program Kartu Prakerja kembali bergulir setelah diterbitkannya aturan teknis atau turunan dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 76 Tahun 2020.

Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso berharap, regulasi baru nantinya dapat menjadi acuan pelaksanaan program. Sehingga tata kelola dan akuntabilitas program ini bisa menjadi lebih baik.

“Kita juga mengharapkan ini segera dibuka di akhir Juli ini. Mudah-mudahan kuotanya sampai 500 ribu peserta,” ujarnya dalam konferensi pers, Jakarta, Senin (13/7).

Di sisi lain, lanjutnya, Komite Cipta Kerja juga sedang mempertimbangkan agar pelatihan dalam program Kartu Prakerja juga dapat digelar secara offline. Rencananya hal tersebut akan dimulai pada pertengahan atau akhir Agustus 2020.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Pembinaan, Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan Bambang Satrio Lelono mengungkapkan, pada gelombang selanjutnya, korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), pekerja yang dirumahkan dan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terdampak pandemi Covid-19 diprioritaskan. Berdasarkan data Kemnaker, saat ini terdapat sekitar 3 juta tenaga kerja dan pelaku UMKM yang masuk ke dalam daftar prioritas.

Dari jumlah tersebut, data 1,7 juta orang di antaranya telah lengkap dan terverifikasi. “Isinya orang-orang yang ter-PHK, orang-orang yang dirumahkan dan pelaku UMKM yang usahanya terdampak Covid-19,” imbuhnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads