JawaPos Radar

Pentingnya Peran Pemda Jaga Investasi Tanpa Sebabkan Ketimpangan

14/07/2018, 11:15 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Pentingnya Peran Pemda Jaga Investasi Tanpa Sebabkan Ketimpangan
Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Masalah ketimpangan adalah masalah klasik yang berbagai negara, termasuk Indonesia, yang sulit untuk diselesaikan. Banyak faktor yang melatarbelakangi sulitnya penyelesaian dinamika tersebut.

Mari kita ambil contoh, keberadaan investasi dari sebuah perusahaan besar. Kehadiran mereka meski secara perekonomian memberikan dampak positif, namun juga bisa menjadi bumerang jika tidak dikelola dengan baik.

Pasalnya, kehadiran mereka berpotensi mengganggu para pelaku usaha dalam skala kecil dan membuat terjadinya monopoli. Hal ini jelas akan membuat ruang (gap) ketimpangan akan semakin besar.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro mengatakan, keadaan tersebut menunjukkan pentingnya peran pemerintah daerah utuk mengoptimalkan kehadiran investor besar tanpa mematikan bisnis pengusaha kecil.

"Di situlah pentingnya pemerintah daerah memfasilitasi kemitraan. Jadi nanti mungkin sebagian kebutuhan (bahan baku) yang investor ini bisa dipenuhi dari perusahaan lokal," ujarnya saat berbincang dengan JawaPos.com belum lama ini.

Di sisi lain, pemerintah daerah juga perlu memanfaatkan kemudahan perizinan yang mereka berikan dengan syarat adanya pertukaran teknologi bagi pengusaha besar maupun kecil agar ke depannya pertukaran tersebut dapat meningkatkan daya saing para pelaku usaha kecil.

"Bisa juga pemda memfasilitasi agar perusahaan besar ini kalau dia sudah masuk dengan segala kemudahan perizinan diberikan tugas untuk membina pengusaha setempat, sehingga ada transfer of technology," tutupnya.

(ce1/hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up