alexametrics

Hasil Rapat The Fed Bikin Dolar Menguat, Rupiah Bergerak Hati-Hati

14 Juni 2021, 10:11:48 WIB

JawaPos.com – Perdagangan nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dibayangi pelemahan karena dolar AS berpotensi berbalik arah menguat atau rebound hari ini. Mengutip kurs tengah Bank Indonesia (BI) saat ini posisi rupiah berada di level 14.206 per dolar AS.

“Potensi pelemahan rupiah hari ini ke arah 14.240, dengan potensi support di kisaran 14.170,” kata Analis pasar uang Ariston Tjendra saat dihubungi oleh JawaPos.com, Senin (14/6).

Menurutnya, pelaku pasar perlu mewaspadai pelemahan nilai tukar rupiah hari ini karena dolar AS terlihat rebound terhadap major currency seperti Euro, GBP, AUD, JPY, dan mata uang regional seperti SGD, Peso, Baht, Won, pagi ini.

“Pasar kelihatannya melakukan konsolidasi menjelang pengumuman kebijakan moneter terbaru Bank Sentral AS di Kamis dini hari,” ujarnya.

Ariston memaparkan, hasil rapat The Fed kemungkinan besar masih akan tetap sama dengan rapat sebelumnya, yaitu dengan mempertahankan kebijakan yang sama seperti pembelian obligasi USD 120 miliar per bulan dan suku bunga acuan di dekat 0 persen.

Namun, para pelaku pasar mewaspadai jika seandainya the Fed akan membuka diskusi soal kemungkinan perubahan kebijakan ke arah yang lebih ketat karena kenaikan inflasi yang sudah melebihi target 2 persen selama beberapa bulan.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads