alexametrics

Sinergi Cartenz Group dan Bank DKI Tingkatkan PAD

14 Februari 2020, 14:33:06 WIB

JawaPos.com – Untuk memaksimalkan potensi pajak pemerintah, khususnya di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Cartenz Group dan Bank DKI melakukan kerjasama. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan pendapatan asli daerah (PAD) di ibu kota.

“Dengan kerjasama ini kami berharap bisa berkontirbusi nyata di wilayah kami (Jakarta) dan itu (kerjasama) menjadi titik penting kami untuk membuktikan bahwa kami dapat memberikan suatu yang baik untuk negara,” ujar CEO Cartenz Group Gito Wahyudi di Konferensi Pers Penandatanganan Kerjasama di AIA Central, Jakarta, Jumat (14/2).

Kerjasama ini juga dilakukan untuk mendorong transparansi melalui inovasi teknologi yaitu Electronic Fiscal Devices (Alat Fiskal Elektonik) untuk projek TOSKA (Tax Online System for Jakarta) untuk sektor pajak. Sinergi ini sebagai salah satu bentuk pencegahan adanya korupsi.

“Projek TOSKA ini diharapkan dapat mengoptimalisasi pendapatan daerah melalui pajak perhotelan, pajak restoran dan pajak hiburan khususnya di daerah DKI Jakarta dan dapat meningkatkan eflesiensi Wajib Pajak (WP) dalam pelaporan pajaknya,” ucapnya.

Sistem ini telah terintegrasi dan dapat dimonitor secara online melalui dashboard yang terpasang di Badan Pendapatan Daerah DKI Jakarta (BAPENDA). Seluruh transaksi wajib pajak pun juga akan terpantau secara akurat atau real time.

“Pajak memiliki peranan vital bagi sebuah negara dan untuk itu diperlukan pengawasan ketat dalam proses pelaksanaannya untuk meminimalisir penggelapan pajak. Oleh sebab itu dibutuhkan modernisasi sistem perpajakan agar pemerintah dapat memantau dan pada saat bersamaan mendapatkan hasil yang ingin dicapai,” tambahnya.

Direktur Kredit UMK dan Usaha Syariah Bank DKI Babay Parid Wazdi mengatakan bahwa sistem kerja TOSKA adalah dengan mengambil data transaksi wajib pajak yang telah dikonfirmasi oleh wajib pajak kemudian dijadikan ketetapan SPTPD.

“Kami telah siap untuk mengimplementasikan TOSKA yang akan memudahkan para pebisnis membayarkan pajak secara online, sekaligus mendukung tujuan pemerintah menuju transparansi dan efektivitas pengawasan kepatuhan wajib pajak,” tambahnya.

Caption: CEO Cartenz Group Gito Wahyudi dan Direktur Kredit UMK dan Usaha Syariah Bank DKI Babay Parid Wazdi di AIA Central, Jakarta, Jumat (14/2).
Area lampiran

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Saifan Zaking


Close Ads