alexametrics

Setelah Ibu Kota Pindah, Aset-aset Negara di Jakarta Bakal Disewakan

14 Februari 2020, 21:53:53 WIB

JawaPos.com – Pemerintah telah melakukan pemetaan aset milik negara di DKI Jakarta yang dapat dimanfaatkan setelah Ibu kota Negara (IKN) pindah ke Kalimantan Timur. Tercatat aset milik negara yang berada di Jakarta sebesar sekitar Rp 1.400 triliun

“Di Jakarta ini ada aset kita ini sekitar Rp 1.400 triliun, nah itu kita sudah kita petakan mana saja yang mungkin kita manfaatkan, jadi kita ingin Jakarta hidup juga, bukan hanya master plan di IKN baru, tapi master plan di Jakarta,” ujar Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Encep Sudarwan di Jakarta, Jumat (14/2).

Encep menjelaskan, terdapat beberapa cara yang akan digunakan seperti melakukan kerja sama dengan pihak swasta mengenai pemanfaatan gedung milik negara agar tetap mendapatkan penerimaan.

“Jadi aset-aset yang di Jakarta kita manfaatkan tapi tidak dijual, kita manfaatkan, misalnya konsesi 30 tahun, konsesi berapa puluh tahun,” tuturnya.

Selain itu, kata dia, pemerintah juga telah mendapat masukan dari berbagai pihak mengenai usulan pembuatan international brand wisata di Jakarta.

“Ada ide nih, katanya Jakarta mesti ada international brand soal wisata, di Indonesia kan belum ada tuh universal, disneyland belum ada, lego land belum ada. Banyak ide sekarang nih, sekarang kami sedang mengumpulkan ide-ide segila apa pun untuk bagaimana Jakarta tetap hidup,” ungkapnya.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Romys Binekasri


Close Ads