JawaPos Radar

Menjadi Menteri Terbaik Di Dunia, Almamater Banggakan Sri Mulyani

14/02/2018, 13:43 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Menjadi Menteri Terbaik Di Dunia, Almamater Banggakan Sri Mulyani
Ilustrasi (Uji Sukma Medianti)
Share this image

JawaPos.com - Dinobatkan menjadi menteri terbaik dunia,tak hanya membuat Presiden Joko Widodo merasa bangga. Menteri Keuangan Sri Mulyani juga mengharumkan nama baik almamater, Universitas Indonesia.
"Salah satu alumni UI (Universitas Indonesia) kembali mengharumkan nama bangsa. Sri Mulyani, yang saat ini menjabat sebagai Menteri Keuangan RI, mendapatkan penghargaan sebagai Menteri Terbaik di Dunia," dikutip Jawapos.com dari laman resmi web UI, di Jakarta, Rabu (14/2).
Penghargaan Menteri Terbaik tersebut merupakan penghargaan global. Diberikan kepada seorang menteri dari semua negara di dunia setiap tahun. Gelar penghargaan ini mulai dilaksanakan pada tahun 2016. 
Sri Mulyani adalah alumnus angkatan 1981 Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Dulu, Fakultas ini bernama Fakultas Ekonomi. Beliau lulus sebagai Sarjana Ekonomi di tahun 1986. Beliau melanjutkan jenjang akademiknya ke University of Illinois Urbana Champaign, Amerika Serikat dengan mengambil gelar master dan Ph.D dalam bidang ekonomi di universitas tersebut.

Setelah pulang ke tanah air, sederet prestasi berhasil ditorehkan. Sri Mulyani pernah mendapat kepercayaan Susilo Bambang Yudhoyono menjabat Menteri Keuangan periode tahun 2005 sampai tahun 2010.
Pada tahun 2008 dan 2014, Majalah Forbes menyebut Sri Mulyani sebagai wanita paling berpengaruh di dunia, sekaligus wanita paling berpengaruh di Indonesia.Tahun 2007 dan 2008, majalah Emerging Markets memilih Sri Mulyani sebagai Asia’s Finance Minister of The Year.Bukan hanya itu, pada 5 Mei 2010, Sri Mulyani ditunjuk menjadi salah satu dari tiga Direktur Pelaksana Bank Dunia.
Pada tahun 2016, Sri kembali ke Indonesia.  Turut berperan dalam pemerintahan Jokowi. Menjabat sebagai Menteri Keuangan. Belum genap setahun kepemimpinannya, beliau mendapatkan predikat sebagai Menteri Keuangan Terbaik se-Asia 2017 oleh majalah Finance Asia yang berkedudukan di Hong Kong.
"Dengan sederet prestasi tersebut, Sri Mulyani mengukuhkan dirinya sebagai salah satu alumni UI yang mengukir prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional," seperti ditulis dari laman resmi UI.

(uji/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up