alexametrics

Tukin PNS Naik 90 Persen, Tunggu Restu Sri Mulyani

14 Januari 2019, 17:15:33 WIB

JawaPos.com – Pemerintah memastikan Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan menerima kenaikan tunjangan kinerja (tukin) pada tahun ini. Namun, upaya itu masih harus menunggu restu dari Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan.

Hal itu ditegaskan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birkorasi (MenPAN-RB) Syafruddin saat ditemui di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Senin (14/1).

“Ya tukin untuk kementerian lembaga tentu akan kita sesuaikan, kemudian tukin untuk pemerintah daerah juga ada. Tinggal Menteri Keuangan (Sri Mulyani) memutuskan. Karena kita sudah selesai bahasnya,” ujarnya.

Soal besaran kenaikan hingga 300 persen, Syafruddin membantahnya. Besaran maksimal kenaikan tukin yang telah dibahas rencananya hingga 90 persen.

“Enggak ada ah (naik 300 persen), tukin rata-rata sama. Cuman paling beda, sesuai kinerja.  Rata-rata 70-80-90 paling tinggi (kenaikannya),” kata dia.

Sebelumnya pada November 2018 lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menaikkan tunjangan empat kementerian. Keempatnya yakni Kementerian Perhubungan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Pertanian, dan Kementerian Perdagangan. 

Kenaikan tunjangan itu diwujudkan dengan ditandatanganinya Perpres Nomor 119 Tahun 2018 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kemenhub, Perpres Nomor 120 Tahun 2018 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kemenperin, Perpres Nomor 121 Tahun 2018 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kementan, dan Perpres Nomor 122 Tahun 2018 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kemendag. Beleid itu ditandatangani pada 14 November 2018.

 

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : Hana Adi



Close Ads
Tukin PNS Naik 90 Persen, Tunggu Restu Sri Mulyani