alexametrics

Wali Kota Segera Pimpin BP Batam Awal Tahun Depan

13 Desember 2018, 14:46:39 WIB

JawaPos.com- Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution telah memastikan bahwa BP Batam tidak bubar. Jabatan Kepala BP Batam nantinya akan dirangkap wali kota. Secapatnya, pemerintah akan merealisasikan perubahan struktural tersebut.

”Mudah-mudahan awal tahun (2019, Red) sudah bisa,” terang Darmin saat mengunjungi SMKN 4 Malang, Kamis (13/12).

Selama ini BP Batam mendapat kewenangan khusus. Terutama yang menyangkut perizinan lalu lintas keluar masuk barang.

Perizinan tersebut di antara lain IP plastik, dan scrap plastik; perizinan IT-PT, perizinan IT cakram; perizinan IT alat pertanian; perizinan IT garam; perizinan impor mesin kopi, dan printer berwarna. Lalu perizinan pemasukan barang modal bukan baru; perizinan bongkar muat pelabuhan khusus; hingga perizinan pelepasan kapal laut.

Biasanya, yang mengeluarkan perizinan tersebut adalah Kementerian Perdagangan. Lantaran itu pula, tak jarang investor merasakan dualisme pola instansi. ”Sehingga lebih baik kami satukan saja,” tutur mantan Gubernur Bank Indonesia tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya, pemerintah sempat akan membubarkan BP Batam untuk menghilangkan dualisme pengelolaan di kawasan Batam. Pemerintah juga telah menggelar rapat kabinet terbatas di Istana, Rabu (12/12).

Adapun beberapa keputusan yang ditetapkan oleh pemerintah antara lain, BP Batam tidak dibubarkan, jabatan Kepala BP Batam dirangkap secara ex-officio oleh Wali Kota Batam, Pengelolaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) Batam tetap dilakukan oleh BP Batam yang dipimpin secara ex-officio oleh Walikota Batam.

Editor : Dida Tenola

Reporter : (fis/JPC)



Close Ads
Wali Kota Segera Pimpin BP Batam Awal Tahun Depan