JawaPos Radar | Iklan Jitu

Libur Nataru, BI Solo Siapkan Rp 1,7 Triliun Uang Tunai

13 Desember 2018, 15:57:00 WIB
Kebutuhan Uang Tunai
ILUSTRASI: Bank Indonesia (BI) Kota Solo akan melakukan penambahan pasokan uang tunai mencapai Rp 1,7 triliun untuk menghadapi libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). (dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Bank Indonesia (BI) Kota Solo akan melakukan penambahan pasokan uang tunai mencapai Rp 1,7 triliun untuk menghadapi libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Penambahan ini dilakukan guna memenuhi kebutuhan masyarakat selama Nataru. Penyediaan pasokan uang tunai ini meningkat 22 persen dibandingkan tahun lalu yang hanya Rp 1,4 triliun. 

Kepala Kantor Perwakilan (KPw) BI Solo, Bandoe Widiarto menjelaskan, penyediaan itu untuk memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan selama Nataru. "Untuk penambahan tahun mengalami peningkatan, ini menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Dengan penambahan ini diharapkan masyarakat akan lebih mudah memenuhi kebutuhannya selama Nataru," urainya kepada JawaPos.com, Kamis (13/12). 

Lebih lanjut Bandoe mengatakan, adanya peningkatan penyediaan uang tunai itu juga disebabkan karena Nataru kali ini berbarengan dengan libur sekolah. Dan untuk libur sekolah kali ini juga lebih lama dibandingkan dengan sebelumnya. "Uang tersebut untuk memasok mesin anjungan tunai mandiri (ATM) yang ada di Soloraya," imbuhnya. 

Bandoe juga mengatakan, nantinya masyarakat akan banyak yang membutuhkan uang tunai dengan pecahan Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu. Mengingat, saat Nataru banyak bank akan tutup. Sehingga, masyarakat akan menuju ATM untuk menarik uang dari tabungan mereka.

"Kalau bank libur, otomatis masyarakat akan mendatangi ATM untuk mengambil uangnya. Makanya saya juga mengimbau kepada bank agar menjaga kebersihan dan keamanan ATMnya," pungkas Bandoe.

Editor           : Sari Hardiyanto
Reporter      : (apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up