alexametrics

Klaim Kemenhub: Aspek Keamanan dan Pembangunan Transportasi Meningkat

Capaian Kinerja 4 Tahun
13 Desember 2018, 17:35:44 WIB

JawaPos.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengklaim sektor perhubungan telah mengalami banyak perbaikan, khususnya dari aspek keselamatan. Ia menilai, kerja keras pemerintah meningkatkan kualitas keamanan dalam sektor perhubungan telah membuahkan hasil.

“Artinya apa yang kita lakukan selama 4 tahun terakhir sudah menghasilkan level of service diikuti dengan safety yang baik,” ujarnya dalam konferensi pers di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (13/12).

Sementara itu, Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Budi Setiyadi mengatakan, pihaknya pada tahun ini sedang mengadakan pembangunan dan rehabilitasi Terminal Tipe A. 

“Di sektor darat kami telah melakukan rehabilitasi sebanyak 65 terminal tipe A sejak 2015-2018. Sampai saat ini memang ada beberapa terminal tipe A yang belum diserahkan kepada kita. Namun pada tahun 2018 ini telah saya sampaikan pada bupati dan wali kota yang belum menyerahkan, sehingga tahun 2019 kami akan memperbaiki dan meningkatkan semua aspek pelayanan dari terminal,” jelas dia. 

Tidak hanya itu, pihaknya juga melakukan pembangunan pelabuhan penyeberangan yang kini telah mencapai jumlah 21 lokasi serta pelabuhan sungai dan danau sebanyak 13 lokasi. Beberapa dermaga percontohan tersebut antara lain Sungai Musi, Kalimantan Utara, dan Selayar. 

“Sebagaimana yang diharapkan oleh Bapak Menhub di tahun 2019, kami akan menjadikan 7 provinsi sebagai percontohan untuk perbaikan semua kualitas keselamatan dan pelayanan di dermaga. Ini sudah kami berikan dalam bentuk blueprint yang sudah kami siapkan. Di tahun 2019 kami akan memperbaiki beberapa dermaga yang sudah kami tunjuk,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam pencapaian pembangunan di bidang sarana selama 2015 hingga 2018, Ditjen Hubdat telah membangun 14 unit kapal, 5 unit bus air, dan pembangunan 2 unit kapal di Danau Toba. 

“5 unit bus air telah kami serahkan kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, kemudian pembangunan kapal danau sudah selesai 1 unit di Danau Toba. Karena Danau Toba adalah Kawasan Strategis Pariwisata Nasional, kita akan bangun 3 kapal di sana, selain itu akan ada 5 dermaga di Danau Toba,” kata dia.

Pembangunan di bidang sarana juga meliputi 1.918 unit Bus Rapid Transit (BRT), beberapa di antaranya yaitu 15 unit bus pemadu moda, 100 unit angkutan umum, dan 180 unit bus pelajar/mahasiswa.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (ce1/hap/JPC)



Close Ads
Klaim Kemenhub: Aspek Keamanan dan Pembangunan Transportasi Meningkat