JawaPos Radar | Iklan Jitu

Distribusi Salah Sasaran, Pertamina Tutup 150 Pangkalan Elpiji

13 November 2018, 15:45:59 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Demo Elpiji 3 Kg
DEMO: Seorang warga mengeluhkan kelangkaan gas melon di Boyolali beberapa waktu lalu. (Tri Widodo/Radar Boyolali/JawaPos Group)
Share this

JawaPos.com - Pertamina melakukan penutupan terhadap lebih kurang 150 pangkalan gas elpiji di wilayah Soloraya selama periode Januari hingga November 2018 ini. Sanksi tegas ini dijatuhkan karena pangkalan telah melakukan pelanggaran dalam distribusi.

Salah sasaran ini membuat distribusi gas bersubsidi yang seharusnya hanya diperuntukkan bagi warga miskin justru dinikmati oleh warga yang mampu. 

Sales Eksekutif LPG Rayon V PT Pertamina Persero Adeka Sangtraga mengungkapkan, di wilayah Soloraya setidaknya ada lebih kurang 8.500 pangkalan. Dari jumlah tersebut ada pangkalan yang melakukan pendistribusian tidak sesuai aturan.

Demo Elpiji 3 Kg
GAS MELON: Unit Manager Communication and CSR Marketing Operation Region IV PT Pertamina Persero, Andar Titi Lestari (tengah) Kasat Sabhara Polres Boyolali, AKP Edi Sukamto (paling kanan) memberikan k (Ari Purnomo/JawaPos.com)

"Seharusnya gas elpiji tiga kilogram ditujukan bagi mereka yang masuk kategori miskin, tetapi banyak pangkalan yang melakukan kesalahan. Kebanyakan salah sasaran," terang Deka kepada JawaPos.com, Selasa (13/11). 

Maka dari itu, lanjut Deka, pihaknya terus melakukan pengawasan terhadap pangkalan maupun agen yang ada di bawah wilayah kewenangannya. Diharapkan dengan pengawasan ini, distribusi salah sasaran tidak akan lagi terjadi.

Kondisi ini juga seperti temuan dalam sidak yang diadakan oleh PT Pertamina di wilayah Boyolali mulai 22 Oktober sampai 11 November. Dimana tim gabungan mendapatkan 1.060 tabung gas elpiji melon yang salah sasaran. 

"Kami juga mengimbau kepada pangkalan agar tidak meminjamkan tabung kepada pelaku usaha atau rumah makan. Pengawasan kami terbatas di agen dan pangkalan, kalau sampai ke pengecer sudah bukan ranah kami," urainya.

Banyaknya, elpiji tiga kilogram yang salah sasaran menjadi penyebab kelangkaan gas elpiji di wilayah Boyolali.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up