JawaPos Radar

Optimalkan Program Inovasi Desa

13/09/2018, 09:44 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Optimalkan Program Inovasi Desa
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo meninjau salah satu kegiatan padat karya di Desa Bilalang, Kotamobagu, Sulawesi Utara (Dok. Kemendes)
Share this

JawaPos.com - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mencanangkan Program Inovasi Desa (PID) sebagai pelecut gerakan inovasi untuk percepatan dan optimalisasi efektivitas penggunaan dana desa. Program yang telah berlangsung dua tahun itu memfasilitasi terciptanya desa-desa di Indonesia yang demokratis, mandiri, dan sejahtera.

“Empat tahun pelaksanaan Undang-Undang Desa, kami akui bukan waktu yang cukup memadai untuk mengimplementasikan mandat UU Desa secara paripurna sehingga visi-misi pembaruan UU Desa dapat mendarat baik, dan pada akhirnya menyalakan lilin-lilin di desa sebagai tanda kemakmuran nasional,” ujar Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) Kemendes Taufik Madjid, Senin (10/9).

Dia mengapresiasi buku PID yang berisi daftar pembelajaran inovasi desa dari berbagai kabupaten di Nusantara. Melalui para pendamping desa, banyak desa yang mampu menggoreskan inovasi. “Buku ini berbagi kisah sukses hingga pembelajaran berharga yang kiranya dapat dipetik desa-desa lainnya,” kata Taufik.

Diharapkan, inovasi-inovasi yang sudah tumbuh di desa-desa yang tersaji dalam buku PID dapat direplikasi. Jadi, di masa mendatang, inovasi desa dapat dilipatgandakan. “Pembelajaran-pembelajaran inovasi desa ini bisa menyiarkan fakta sosiologis upaya-upaya desa dalam membangun keberdayaan peri kehidupan nasional dari pinggir,” tuturnya.

Program itu sesuai dengan Keputusan Menteri Desa-PDTT Nomor 48 Tahun 2018 serta pelaksanaan pengelolaan pengetahuan dan inovasi desa (PPID) melalui penyediaan dana bantuan pemerintah, peningkatan kapasitas penyedia jasa layanan teknis (PJLT) kepada desa, dan pengembangan sistem informasi pembangunan desa.

Selain itu, juga untuk penguatan Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) guna meningkatkan efektivitas pengelolaan pendampingan desa. Program tersebut membantu penyediaan teknis dan peningkatan kapasitas melalui tenaga ahli untuk konsultan dan tenaga untuk mendorong inovasi program pendampingan desa.

(srs/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up