alexametrics

BP Batam Dibubarkan, Kewenangan Dialihkan ke Pemerintah Daerah

12 Desember 2018, 17:17:18 WIB

JawaPos.com – Pemerintah membubarkan Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam). Segala kewenangan badan usaha itu akan dialihkan ke pemerintah daerah (pemda) dalam hal ini Bupati.

Hal itu diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution usai rapat terbatas di Istana Presiden, Jakarta, Rabu (12/12).

“Ya lebih kurang akan begitu (dibubarkan). Kewenangan sebagai BP Batam sebagai tangan pemerintah di daerah itu akan dirangkap oleh Bupati Batam. Sehingga jadi satu tangannya, enggak dua. Itu saja, sederhana sekali,” ujarnya.

Pertimbangan itu, lanjut Darmin, dilakukan atas masukan dari pengusaha, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan lainnya jika terjadi permasalahan pada badan tersebut.

“Tapi salah satu yang berulang itu kewenangan yang dualisme di Batam. Dan tadi Presiden (Jokowi) dan Wapres (Jusuf Kalla) memutuskan dualisme itu harus dihilangkan. Itu berarti hanya ada satu, enggak boleh ada dua, baru dualisme hilang,” jelas dia.

Darmin enggan menjelaskan alasan pemerintah memutuskan hal tersebut. Padahal, BP Batam dibentuk langsung oleh pemerintah dan dibubarkan juga oleh yang menciptakannya.

“Loh, ini untuk menyelesaikan hal yang belum terselesaikan. Enggak usah dianalisis. Oh ini pemerintah yang bentuk, sekarang pemerintah menyerahkan lagi ke Pemda.

Pokoknya tujuannya ini menyelesaikan dualisme,” ungkapnya.

Keputusan itu, lanjutnya, akan segera diselesaikan dalam waktu dekat. Pemerintah masih akan melakukan sejumlah pencatatan terkait aset hingga legalnya.

“Tapi akan segera, kita akan usahakan begitu tahun baru,” pungkasnya.

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : (hap/JPC)



Close Ads
BP Batam Dibubarkan, Kewenangan Dialihkan ke Pemerintah Daerah