JawaPos Radar | Iklan Jitu

Tol Mapan Segera Dioperasikan, Surabaya-Malang Diklaim Hanya Sejam

12 November 2018, 17:13:01 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Tol Mapan Segera Beroperasi
SEGERA BEROPERASI: Tol Malang-Pandaan direncanakan bakal beroperasi awal tahun 2019.  (Fisca Tanjung/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Pengelola jalan tol Malang-Pandaan (Mapan) PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) optimistis dapat menyelesaikan pembangunan jalan tol tersebut tepat waktu. Tol yang memiliki panjang 38,48 kilometer itu ditargetkan bisa beroperasi pada triwulan I 2019 mendatang. 

Direktur Utama PT JPM Agus Purnomo mengatakan, hingga saat ini progres konstruksi secara keseluruhan untuk jalan tol Mapan telah mencapai 70 persen. Dia merinci, untuk Seksi 1, 2, dan 3 telah mencapai sekitar 82 persen. 

"Memang yang kami kejar untuk operasional adalah Seksi 1, 2, dan 3. Jadi, nantinya dari Surabaya menuju Malang atau Batu bisa keluar di Singasari," ujarnya. Dengan begitu, lanjutnya, bagi wisatawan dari arah Surabaya yang ingin berlibur ke Malang hanya perlu menempuh jarak satu jam dari sebelumnya sekitar 3-5 jam. 

Agus menyampaikan, keberadaan Jalan Tol Mapan sangat membantu akses transportasi masyarakat. Meski bukan termasuk bagian Tol Trans Jawa, lanjut dia, Jalan Tol Mapan cukup strategis. Pasalnya, jalur antara Malang dan Surabaya kerap dipadati oleh kendaraan, terutama saat akhir pekan atau hari libur. 

Oleh karena itu, JPM berharap dengan adanya jalan tol ini akan berkontribusi terhadap pertumbuhan perekonomian wilayah setempat, terutama Kota Malang yang saat ini sangat diminati sebagai salah satu destinasi wisata.

Sebagai informasi, jalan tol Mapan terdiri atas lima seksi, yakni Seksi 1 di Pandaan-Purwodadi, Seksi 2 di Purwodadi-Lawang, Seksi 3 di Lawang-Singosari, Seksi 4 di Singosari-Pakis, dan Seksi 5 di Pakis-Malang. Nilai investasi dari jalan tol itu sendiri mencapai Rp 5,97 triliun.

Sebelumnya, tol Mapan sudah digunakan secara fungsional pada saat libur Hari Raya Idul Fitri lalu.

(fis/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up