JawaPos Radar | Iklan Jitu

Segera Diuji, Jembatan Kenteng Diklaim Tahan Gempa

12 November 2018, 16:40:56 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Rini Soemarno
JALAN TOL: Menteri BUMN Rini Soemarno mengecek kondisi jembatan kenteng di Kabupaten, Semarang, Senin (12/11). (Ari Purnomo/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Pembangunan jembatan Keteng di Kabupaten Semarang sudah rampung. Rencananya jembatan yang memiliki panjang 480 meter itu akan segera diuji kekuatannya. Pengujian meliputi beban statis dan juga beban dinamis. 

Direktur Utama (Dirut) PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN), David Wijayatno menjelaskan, pengujian beban akan dilakukan pada 17 November mendatang. Pengujian ini untuk mengetahui kekuatan grider atau tiang penyangga jembatan terhadap beban kendaraan yang melintas.

"Nanti di bentang yang paling rentan akan ditempatkan truk sesuai dengan beban maksimalnya," terang David disela pengecekan proyek jembatan Kenteng, Senin (12/11). 

Jembatan Kenteng
TAHAP AKHIR: Jembatan kenteng dalam tahap finishing.  (Ari Purnomo/JawaPos.com)

Nantinya ada 18 truk yang akan ditempatkan di jembatan. Setiap truk akan memuat beban mencapai 32 ton. Pengujian tersebut termasuk pengujian statis. Sedangkan untuk pengujian yang lain, yakni pengujian dinamis akan dilakukan dengan menempatkan polisi tidur di lokasi pengujian.

"Truk akan melewati polisi tidur dan dari hasil pengujian ini akan diketahui kekuatannya," terangnya. 

Setelah menjalani berbagai pengujian, baru dilanjutkan dengan proses uji laik fungsi dari kepolisian dan juga dan perhubungan darat. Jika setiap proses bisa dilalui dengan lancar, maka jalan tol Solo Semarang akan mendapatkan laik operasi dari Ditjen Bina Marga.

"Akhir November ini sudah rampung, dan harapannya Desember bisa diresmikan dan digunakan," ucapnya. 

Pada kesempatan yang sama, Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, bahwa konstruksi bangunan jembatan ini memiliki kekuatan yang luar biasa. Bahkan Rini mengklaim jembatan Kenteng tahan terhadap gempa.

"Jembatan ini konstruksinya paling sulit, tapi sudah diselesaikan dengan kerjasama dari Kementerian PUPR dan PT Waskita. Ini jembatan tahan gempa," terang Rini.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up