alexametrics

Gelar Event Belanja 11.11, Alibaba Raup Transaksi Rp 451 Triliun

12 November 2018, 09:20:39 WIB

Jawapos.com – Alibaba menorehkan rekor penjualan dalam ajang Singles Day senilai USD 30,8 miliar dalam waktu satu hari penuh. Apabila dirupiahkan, nilai transaksi yang dibukukan Alibaba dalam event 11.11 mencapai Rp 451 triliun.

Hal itu didapatkan dari Gross Merchandise Value (GMV) yang lebih tinggi dari tahun lalu yakni senilai USD 25,3 miliar. GMV mencapai 213,5 miliar yuan, dengan mudah mengalahkan angka tahun lalu sebesar 168,2 miliar yuan dan mewakili kenaikan hampir 27 persen year on year. Bagaimanapun, angka itu lebih kecil dari 39 persen pertumbuhan tahun-ke-tahun yang tercatat pada 2017.

Ini adalah edisi ke-10 dari acara Single day tahunan, yang juga disebut festival belanja Double 11 karena jatuh pada 11 November. Selama periode 24 jam, Alibaba menawarkan diskon besar di situs e-niaga seperti Tmall.

Penjualan Singel Day Alibaba dengan mudah melampaui pembelanjaan konsumen selama liburan dibandingkan belanja tunggal di Amerika Serikat.

Acara ini dimulai dengan awal yang kuat dengan penjualan mencapai satu miliar dollar dalam satu menit dan 25 detik. Lebih dari satu jam, penjualan sudah melebihi USD 10 miliar, lima menit, dan 21 detik lebih cepat dari tahun lalu. Jumlah pesanan pengiriman pun telah melampaui satu miliar.

Alibaba memperkenalkan aspek baru ke dalam Single Day tahun ini. Lazada, situs e-commerce yang berbasis di Singapura yang beroperasi di seluruh Asia Tenggara dan mayoritas dimiliki oleh Alibaba, menjadi tuan rumah penjualannya sendiri. 

Dan Ele.me, platform pengiriman makanan Alibaba, menyediakan pengiriman untuk memilih kedai Starbucks di 11 kota di Cina. Starbucks mencapai kesepakatan awal tahun ini dengan Alibaba untuk bekerja sama di China.

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : (uji/JPC)



Close Ads
Gelar Event Belanja 11.11, Alibaba Raup Transaksi Rp 451 Triliun