JawaPos Radar | Iklan Jitu

Masalah Ekonomi Global Berjibun, Jokowi: Winter Is Coming

12 Oktober 2018, 13:40:10 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Masalah Ekonomi Global Berjibun, Jokowi: Winter Is Coming
Presiden Joko Widodo (Fedrik Tarigan/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pesan kepada seluruh pejabat dunia yang hadir dalam Pertemuan Tahunan IMF - WB 2018 di Nusa Dua, Bali, soal perekonomian global. Menurutnya, ancaman itu saat ini masih ada. 

Dia mengungkapkan, meski pada 10 tahun lalu seluruh negara bisa menghadapi krisis perekonomian global, namun perlu kesiagaan untuk menghadapi dampak-dampak selanjutnya.

"Sepuluh tahun yang lalu,  kita mengalami krisis finansial global. Berkat langkah-langkah kebijakan moneter dan fiskal yang luar biasa, yang membutuhkan keberanian politik yang besar, saudara-saudara para pembuat kebijakan telah menyelamatkan dunia dari depresi global yang pada waktu itu sudah di depan mata," ujarnya di BNDCC, Bali, Jumat (12/10).

"Setelah 10 tahun berlalu, kita tetap harus waspada terhadap meningkatnya risiko dan kesiap-siagaan kita dalam mengalami ketidak-pastian global," tambahnya.

Mantan Wali Kota Solo ini menyampaikan, laporan dari Managing Director IMF Christine Lagarde menyebut jika saat ini perekonomian dunia tengah dibayangi perang dagang dan pertumbuhan ekonomi yang pesat dari Amerika Serikat (AS).

"Perang Dagang semakin marak dan inovasi teknologi mengakibatkan banyak industri terguncang. Negara-negara yang tengah tumbuh juga sedang mengalami tekanan pasar yang besar. Dengan banyaknya masalah perekonomian dunia, sudah cukup bagi kita untuk mengatakan bahwa: Winter is Coming," tandasnya.

 

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up