JawaPos Radar | Iklan Jitu

Begini Cara Menyiasati Harga Tiket Pesawat Low Budget Harga Selangit

12 Januari 2019, 16:51:26 WIB
Begini Cara Menyiasati Harga Tiket Pesawat Low Budget Harga Selangit
Ilustrasi (Tomy C. Gutomo/Jawa Pos)
Share this

JawaPos.com - Meski masa libur natal dan tahun baru telah berakhir, namun harga tiket pesawat berbiaya murah atau Low Cost Carrier (LCC) enggan turun dari batas atas. Apalagi dua maskapai LCC Indonesia sudah mengenakan tarif bagasi untuk penerbangan domestik. Dilihat dari situs pembelian tiket Traveloka, harga pesawat rute Jakarta-Surabaya mencapai angka Rp 900 ribu per tiket. Bagaimana cara menyiasatinya?

“Ya saya harap  LCC di Indonesia bisa memberikan harga yang lebih budget friendly dari sebelumnya,” kata Mariza saat dihubungi JawaPos.com, Sabtu (12/1).

Mariza mengatakan bagi seorang traveller seperti dirinya tentu harga tiket jadi bagian terpenting dalam menentukan budget perjalanan. Jika harga tiket mahal ia akan mensiasati dengan beragam cara. Pertama adalah melakukan transit di kota tujuan berbeda, bahkan tak jarang harus keluar negeri dulu untuk menuju kota di ujung Indonesia.

“Jadi dulu pernah. Rute Jakarta Aceh. Dulu perginya Jakarta-KL-Aceh. Iya benar bisa lebih murah,” kata Mariza. 

Terdengar aneh, untuk menuju Aceh, seseorang harus terbang menuju Kuala Lumpur terlebih dahulu dari Jakarta. Tujuannya supaya harga tiket lebih murah. Namun, kata Mariza itu terjadi beberapa waktu lalu. Ia mengaku memang belum bepergian ke rute domestik setelah libur panjang nataru.

Tetapi, ada cara lain yang lebih praktis dan murah, yaitu naik kereta api. Tapi itu hanya bisa dijadikan opsi jika kota tujuan masih berada di wilayah yang dapat diakses kereta api. Saat harga tiket pesawat masih bersaing dengan kereta eksekutif, kereta api memang pilihan nomor dua karena durasi waktu.

JawaPos.com mencoba melakukan simulasi harga tiket pada hari yang sama. Rute Jakarta-Surabaya misalnya, jika menggunakan KA eksekutif harga paling tingginya Rp 500 ribu. Namun, dengan perjalanan kereta luxury atau sleeper harganya mencapai Rp 1,4 juta. Setara dengan harga tiket pesawat FSC kelas ekonomi Garuda Indonesia. Sementara penerbangan LCC maskapai Lion Air harga tiketnya mencapai Rp 951 ribu dan Citilink Rp 991 ribu di waktu yang tak jauh berbeda.

“Alternatif lain, naik kereta executive. Itu kalau ke KL juga pasti akan memakan waktu transit. Jadi ga jauh beda sama kereta. Kalau businessman pasti ga lihat harga. Kalau yang turis, pasti lihat harga. Kalau saya mending kereta aja,” tuturnya.

Editor           : Teguh Jiwa Brata
Reporter      : Uji Sukma Medianti

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini