alexametrics

Kembangkan Budaya Mekanisasi Pertanian dengan Platform Digital

11 Desember 2021, 16:31:12 WIB

JawaPos.com – PT Terra Agro Digital (Terra) mengembangkan budaya mekanisasi pertanian di Indonesia melalui platform digital TERRA. Hal tersebut dilakukan untuk menghadapi tantangan di era pertanian 4.0.

Manajer Operasi PT Terra Agro Digital Dhimas Rangga Saputra mengungkapkan, selama Januari hingga November 2021, TERRA telah membantu proses panen padi dan jagung dengan proses mekanisasi seluas lebih dari 1.300 ha.

Dhimas menyebut, untuk melakukan pembiasaan proses mekanisasi dalam seluruh proses pertanian di Indonesia, TERRA melakukan demo olah lahan dengan proses mekanisasi (traktor roda 4) di wilayah Madiun (Dusun Tulung Rejo) seluas 2,3 Ha.

“Dengan proses demo ini, diharapkan petani dapat melihat langsung kemudahan, kecepatan serta hasil yang lebih baik dibandingkan dengan proses olah lahan secara manual,” ujarnya dalam keterangannya, Sabtu (11/12).

Menurutnya, dengan terus melakukan edukasi dan implementasi proses tani dengan mekanisasi, harapannya dapat mrnjadi solusi persoalan pertanian Indonesia. Selain itu, dengan pengimplementasian proses mekanisasi secara tepat, diharapkan progress mekanisasi di bidang pertanian bisa terbangun dengan baik.

“Sehingga industri pertanian di Indonesia, dan Jawa Timur, secara khusus, mampu memberikan kontribusi positif bagi perkembangan daerah dan juga pada petani secara langsung,” pungkasnya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini: