alexametrics

Upaya Kemenhub Memacu Efektivitas Operasional Tol Laut

11 Desember 2019, 15:11:40 WIB

JawaPos.com – Tol laut dirasa masih belum memberikan dampak yang signifikan terhadap perekonomian, khususnya penurunan harga barang. Bagaimana tanggapan dari Kementerian Perhubungan?

Menanggapi hal tersebut, Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Laut Agus Purnomo mengatakan bahwa faktanya banyak yang merasa terbantu dengan adanya tol laut. Bahkan, hingga mengirimkan surat resmi dan berkomunikasi langsung kepada pihaknya.

“Jadi beberapa kepala daerah komunikasi dengan kami ke kantor maupun mereka kirim surat, faktanya mereka sangat membutuhkan tol laut itu,” ungkap di kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jakarta, Rabu (11/12).

Meskipun begitu, ia juga sadar bahwa di beberapa tempat, tol laut masih belum efektif. Salah satunya adalah lambatnya kedatangan kapal.

“Tentu kami tidak meninggali bahwa ada beberapa tempat yang tadi dikatakan mungkin terlalu lama destinasinya,” kata dia.

Untuk mengatasi hal tersebut, pihaknya akan mengintegrasikan tol laut dengan sistem online untuk memangkas waktu pengangkutan ataupun pengiriman barang agar lebih efisien. Ia menyebutkan pihaknya akan bekerjasama dengan salah satu startup, akan tetapi ia tidak memberitahukan hal tersebut.

“Pak Menteri (Budi Karya Sumadi) juga sudah meminta kerjasama dengan start up yg baru untuk nanti dengan it seluruh pengguna jasa bisa pesan barang tol laut lewat IT itu. Nanti seperti online lah, nanti kita pesen secara online dan mereka bisa kontrol policynya dan sebagainya. Bahkan nanti bisa door to door, mirip gitu lah. kedepan akan transparan semua, tidak seperti dulu. Ya nanti kita akan lihat ya (strartup),” tambahnya.

Agus juga mengungkapkan pihaknya tidak akan menambah armada kapal untuk tol laut. Namun, tujuan destinasinya yang akan ditambahkan.

“Di beberapa daerah banyak sekali yang minta supaya kami singgah, belum tambah, tapi destinasinya yang akan kami tambah, sehingga lebih banyak lagi. Jadi yang jauh-jauh itu banyak pakai kapal komersial, kami akan fokus pada feedernya,” tutupnya.

Caption: Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Laut Agus Purnomo di kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jakarta, Rabu (11/12).

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Saifan Zaking


Close Ads