alexametrics

Investasi Reksadana Ternyata Bisa Dapat 3 Keuntungan Sekaligus

11 November 2021, 12:45:33 WIB

JawaPos.com – Investasi reksadana ternyata bisa mendapatkan tiga keuntungan sekaligus alias hattrick. Hattrick sendiri merupakan istilah yang sering dijumpai di lapangan sepak bola dan hoki yang menunjukkan keberhasilan mencetak tiga gol ke gawang musuh.

Investment Specialist dari Raiz Invest Indonesia Satrio Norojono mengatakan, keuntungan pertama dari hattrick tersebut yaitu potensi menikmati kenaikan harga obligasi yang menjadi sasaran investasi reksa dana tersebut. Seperti halnya surat berharga jenis lain di pasar modal, efek utang atau obligasi juga dapat mengalami volatilitas atau naik-turun, yang tentunya dapat berpengaruh pada reksadana yang menjadikannya sasaran investasi.

“Nah, ketika harga sebuah obligasi naik di pasaran, maka reksadana yang berinvestasi pada obligasi tersebut dapat mencetak pengembalian investasi (return) karena nilai investasinya juga ikut naik seiring dengan harga obligasi. Nilai investasi tersebut juga biasa disebut nilai aktiva bersih (net asset value/NAV),” jelasnya dalam konferensi pers secara virtual, dikutip Kamis (11/11).

Reksadana pendapatan tetap adalah reksa dana terbuka yang berdasarkan aturan, mayoritas portofolio investasinya haruslah berupa efek utang atau obligasi. Reksadana jenis itu mendapatkan namanya karena berpotensi mendapatkan kupon bunga dari efek utang secara rutin, biasa disebut pendapatan tetap.

Efek utang atau obligasi yang diterbitkan perusahaan atau korporasi biasanya memberikan kupon bunga kepada investornya setiap tiga bulanan (kuartalan). Di sisi lain, obligasi yang diterbitkan pemerintah (seri Fixed Rate-FR, Variable Rate-VR) akan membayarkan kuponnya setiap 6 bulan sekali. Sedangkan obligasi ritel yang juga diterbitkan pemerintah (seri ORI, SBR, Sukri, dan ST) dibagikan setiap bulan.

“Sebagai contoh, saat ini Raiz Invest Indonesia baru memasarkan reksadana pendapatan tetap bernama Reksadana Trimegah Fixed Income Plan (TFIP). TFIP adalah produk reksadana pendapatan tetap yang dikelola oleh manajer investasi PT Trimegah Asset Management dan dipasarkan oleh Raiz Indonesia sebagai Agen Penjual Reksadana (Aperd),” ucapnya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads