JawaPos Radar | Iklan Jitu

Gempa Situbondo Tak Ganggu Pertemuan Tahunan IMF-WB 2018

11 Oktober 2018, 14:34:27 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Gempa Situbondo Tak Ganggu Pertemuan Tahunan IMF-WB 2018
Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso. (Bisnis)
Share this

JawaPos.com - Gempa di Situbondo dengan magnitudo 6,3 Skala Richter (SR) di laut pada jarak 55 km arah timur laut dirasakan hingga Bali dan Lombok. Meski terasa, namun gempa yang berlangsung selama 2-5 detik itu tidak terlalu kuat dirasakan.

Saat gempa itu berlangsung, Bali tengah mengadakan Pertemuan Tahunan Internasional Monetary Fund (IMF) - World Bank. Namun, gempa itu terjadi pada dini hari sehingga tidak membuat kegaduhan.

Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso mengungkapkan, bencana tersebut tidak menggangu penyelenggaraan acara yang sudah berlangsung sejak Senin (8/10) lalu. Sehingga, pelaksanaan IMF-WB dipastikan tetap berlangsung.

"Secara umum, penyelenggaraan di semua titik dan venue, dalam artian tidak ada perubahan dari rencana yang disiapkan sejak awal," ujarnya dalam konferensi pers di Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10).

"Per siang hari ini semua berjalan normal, tidak ada aktivitas terganggu dengan itu, demikian juga agenda presiden tidak ada perubahan jadwal sesuai perencanaan yang sudah tetapkan bersama-sama," tambahnya.

Selain itu, Susi menjelaskan jika saat kejadian itu berlangsung, pihaknya secara cepat berkoordinasi kepada panitia pelaksana maupun para delegasi.

"Kita rapat lengkap dari 7 unsur, kami dari panitian nasional, Meeting Team Secretariat ( MTS) lMF-WBG MTS WB, BMKG, BNPB, kodam, polda, ITDC, kami 24 jam bersama-sama koordinasi panitia nasional, kita bahas ke delegasi, termasuk partisipan yang teregistrasi, kami mabil dari tim kesekretariat," jelas dia.

Dari hasil pertemuan, pihaknya meminta kepada semua unsur untuk mengecek dan memastikan kondisi di lapangan pasca gempa terjadi. Dari hasil pemantauan, kondisi pasca gempa tidak menghambat jalannya acara IMF-WB.

"Kami tugaskan tim operasional, mengecek infrastruktur termasuk wifi, tidak ada perulatan terganggu secara teknis, bidang penyelenggaran acara, kesiaapan, siap semuanya, jadwal acara semuanya. Dampak gempa relatif tidak terganggu dan mengubah jadwal delegasi pesera maupun panitia, tadi pagi kita kontak dan kondisi hotel normal, venue normal, infrasturktur normal," tandasnya.

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up