JawaPos Radar

Sentimen Perang Dagang Dan The Fed Bikin Kilau Emas Meredup

11/09/2018, 12:18 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Sentimen Perang Dagang Dan The Fed Bikin Kilau Emas Meredup
Ilustrasi emas batangan (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Kilau emas kembali meredup ditengah ekspektasi kenaikan suku bunga Federal Reserve pada pertemuan September, dan kekhawatiran meningkatnya ketegangan perdagangan antara Amerika Serikat dan Tiongkok.

Mengutip laman Reuters, harga emas di pasar spot turun 0,1 persen menjadi USD 1.194,01 per ounce pada pukul 00.30 GMT, setelah menyusut 0,4 persen di sesi sebelumnya. Sementara, emas berjangka Amerika berkurang 0,1 persen menjadi USD 1.199,80 per ounce.

Penurunan tersebut selaras dengan pertumbuhan lapangan kerja berakselerasi pada periode Agustus, dengan tingkat upah yang mencatat peningkatan tahunan terbesar dalam sembilan tahun. 

Semtimen penurunan harga emas juga berasal dati data payrolls yang lebih kuat dari perkiraan  meningkatnya ekspektasi bahwa The Fed akan menaikkan suku bunga pada pertemuan September, yang akan menjadi kenaikan ketiga tahun ini.

Seperti diketahui, akhir pekan lalu, Presiden The Fed Dallas Robert Kaplan menyatakan Federal Reserve harus terus menaikkan suku bunga hingga pertengahan 2019.

Disisi lain, Presiden Donald Trump pada pekan lalu juga telah memperingatkan bahwa dirinya siap untuk menerapkan tarif terhadap hampir semua impor Tiongkok ke Amerika Serikat, mengancam bea masuk senilai USD 267 miliar di atas USD 200 miliar yang disiapkan untuk dipungut dalam beberapa hari mendatang.

Pembelian emas secara fisik meningkat di pusat-pusat utama Asia sejak pekan lalu, karena harga yang lebih rendah memicu selera untuk logam tersebut, dengan India melihat permintaan yang sehat menjelang musim perayaan.

(mys/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up