JawaPos Radar

Harapan Kesepakatan Brexit Bikin Kilau Emas Bersinar Lagi

11/09/2018, 11:46 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Harapan Kesepakatan Brexit Bikin Kilau Emas Bersinar Lagi
Ilustrasi emas (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Kilau emas mulai kembali bersinar selaras dengan harapan kesepakatan Brexit yang mendorong penguatan poundsterling dan euro terhadap Dolar, membuat bullion lebih murah bagi pembeli di Inggris dan zona euro.

Mengutip laman Reuters, harga emas di pasar spot naik 0,1 persen menjadi USD 1.195,91 per ounce pada pukul 17.41 GMT, sedangkan emas berjangka Amerika Serikat untuk kontrak pengiriman Desember ditutup turun 60 sen, atau 0,1 persen, menjadi USD 1.199,80 per ounce.

Emas anjlok lebih dari 12 persen dari level tertinggi USD 1.365,23 pada April karena perselisihan perdagangan, melemahnya mata uang negara berkembang dan kenaikan suku bunga Amerika mendorong reli dolar.

Executive Vice President Dillon Gage Metals Walter Pehowich menyebut harga emas sempat merosot karena investor mencari perlindungan dalam Dolar akibat ketegangan perdagangan

Seperti diketahui, Presiden AS Donald Trump mengatakan siap untuk mengenakan tarif pada hampir semua impor China, mendorong ancaman oleh Beijing untuk melakukan pembalasan.

Data ketenagakerjaan Amerika yang cukup kuat sejak pekan lalu, menunjukkan Federal Reserve akan terus menaikkan suku bunga. Suku bunga yang lebih tinggi meningkatkan imbal hasil obligasi, membuat emas yang tidak memberikan imbal hasil menjadi kurang menarik, dan cenderung melambungkan dolar. 

Kenaikan suku bunga diperkirakan terjadi bulan ini. Kepemilikan ETF emas turun hampir lima juta ounce, atau sekitar 8,6 persen, dari level tertinggi Mei.

Sementara logam mulia lainnya, perak spot naik 0,5 persen menjadi USD 14,17 per ounce, sementara platinum menguat 0,6 persen jadi USD 783,49 dan palladium turun 0,3 persen menjadi USD 977,50. 

(mys/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up