JawaPos Radar

Akhir September, PGN Umumkan Skema Pelunasan Akuisisi Pertagas

11/09/2018, 11:25 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Akhir September, PGN Umumkan Skema Pelunasan Akuisisi Pertagas
Pipa gas milik PGN (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Perusahaan gas milik negara, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) menyampaikan, perseroan akan mengumumkan skema pelunasan akuisisi PT Pertamina Gas (Pertagas) usai pembayaran tahap pertama diselesaikan perseroan.

Direktur Keuangan PGN Said Reza Pahlevi menjelaskan, dalam proses akuisisi ini, pembayaran dilakukan dalam dua tahap. PGN akan menggunakan separuhnya atau 50 persen dari kas internal untuk pembiayaan akuisisi tahap pertama. Sisanya, menggunakan sumber pendanaan dari luar.

Penyelesaian pembiayaan (financial closing) dilakukan PGN 90 hari sejak ditandatanganinya Conditional Sales Purchase Agreement (CPSA) pada 29 Juni 2018 lalu. Artinya, financial closing tahap pertama akan selesai pada 29 September ini.

Menurutnya, saat ini, perseroan tengah mengkaji seluruh instrumen pembiayaan yang dimungkinkan. "Jadi sabar saja. 29 September kan closing, nanti setelah itu," ujarnya seperti diberitakan Selasa (11/9).

Selain itu, Reza juga mengatakan, perseroan akan menaikkan belanja modal atau capital expenditure (capex) usai mengakuisisi Pertagas. Pengambilalihan 51 persen saham Pertagas sudah ditandatangani pada 3 Juli silam.

Namun sayangnya, pihaknya masih enggan menyebutkan besaran kenaikan belanja modal tersebut. "Belum bisa saya sampaikan. Nanti setelah CPSA," tandasnya.

(mys/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up