alexametrics

Kebijakan Moneter AS Hantui Ekonomi Dunia, Aset Kripto Terpengaruh?

11 Juni 2021, 11:33:34 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Indonesia saat ini sedang menyoroti risiko taper tantrum dari perekonomian Amerika Serikat (AS) khususnya wacana kenaikan suku bunga bank sentral AS. Sebab, hal tersebut dapat mengganggu pertumbuhan ekonomi nasional.

Saat perekonomian sedang bergejolak, masyarakat cenderung mencari alternatif investasi yang lebih baik agar aset mereka tetap untung di tengah ketidakpastian ekonomi dunia. Co-Founder Zipmex Indonesia, Raymond Sutanto mengatakan, aset kripto masih memiliki prospek yang tetap menguntungkan di tengah kecemasan perubahan kebijakan moneter AS.

“Mungkin pengaruhnya hanya sementara, nggak bakal permanen,” ujarnya kepada JawaPos.com, seperti dikutip Jumat (11/6).

Menurutnya, jika dilihat dari pengalaman krisis sebelumnya, yaitu pada masa pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini, mata uang kripto seperti Bitcoin termasuk aset investasi yang sangat menguntungkan. “Karena kripto ini dari awalnya Bitcoin itu memang untuk menjadi mata uang yang tidak berdampak dan tergantung dengan Fed atau bank sentral AS. Kebijakan boleh saja dibuat tapi saya rasa akan mempengaruhi harga tapi sementara. Tapi kedepannya nggak begitu impact,” tuturnya.

Pihaknya pun memandang, terdapat potensi pasar yang besar terhadap minat investasi aset kripto di Indonesia. Sehingga membuat platform investasi jual beli aset digital ini ikut tertarik untuk menggarap bisnisnya di Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Co-Founder dan CEO Zipmex Marcus Lim mengatakan, pihaknya memilih Indonesia karena Indonesia merupakan target pasar yang strategis. “Zipmex bekerja sebagai regional player dan beroperasi sesuai dengan regulasi yang ada di masing-masing negara. Di Indonesia misalnya, Zipmex telah teregulasi Bappebti dan Kominfo. Sehingga, pengguna tidak perlu khawatir ketika hendak berinvestasi aset kripto,” ungkapnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads